TUGAS QUIZ V MATA KULIAH
MANAJEMEN PEMASARAN II
DosenPengampu :
H. M.A WihermanaRustaman, S.E, M.Si
DI SUSUN OLEH :
NAMA :
ANANG KUSMAWAN
NIM : 1210002
PROD I : MANAJEMEN IVB
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI LATIFAH
MUBAROKIYAH
PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA
2014/2015
1. Bagaimana
perusahaan dapat mengintegrasikan pemasaran langsung untuk keunggulan
kompetitif ?
Jawaban :
Dalam mengimplementasikan konsep
e-business, terlihat jelas bahwa meraih keunggulan kompetitif (competitive
advantage) jauh lebih mudah dibandingkan mempertahankannya. Secara teoritis hal
tersebut dapat dijelaskan karena adanya karakteristik sebagai berikut:
v
Pada
level operasional, yang terjadi dalam e-business adalah restrukturisasi dan
redistribusi dari bit-bit digital (digital management), sehingga mudah sekali
bagi perusahaan untuk meniru model bisnis dari perusahaan lain yang telah
sukses.
v
Berbeda
dengan bisnis konvensional dimana biasanya sebuah kantor beroperasi 8 jam
sehari, di dalam e-business (internet), perusahaan harus mampu melayani
pelanggan selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari, karena jika tidak maka
dengan mudah kompetitor akan mudah menyaingi perusahaan terkait.
v
Berjuta-juta
individu (pelanggan) dapat berinteraksi dengan berjuta-juta perusahaan yang
terkoneksi di internet, sehingga sangat mudah bagi mereka untuk pindah-pindah
perusahaan dengan biaya yang sangat murah (rendahnya switching cost).
v
Fenomena
jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan
berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara
kompetitif, sehingga kontrol kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah
produk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktor-faktor luar yang tidak
berada di dalam kontrol perusahaan dan Mekanisme perdagangan terbuka dan pasar
bebas (serta teori perfect competition) secara tidak langsung telah terjadi di
dunia internet, sehingga seluruh dampak atau dalil-dalil sehubungan dengan
kondisi market semacam itu berlaku terjadi di dunia maya.
Melihat kenyataan di atas, perusahaan harus memiliki kriteria-kriteria (critical success factors) dan ukuran-ukuran (performance indicators) yang dapat dijadikan sebagai barometer sukses tidaknya perusahaan dalam memiliki dan mempertahankan keunggulun kompetitif tertentu. Beberapa teori keunggulan kompetitif di dunia maya menganjurkan agar paling tidak 7 (tujuh) aspek harus menjadi perhatian dari sebuah perusahaan, yaitu masing-masing:
Melihat kenyataan di atas, perusahaan harus memiliki kriteria-kriteria (critical success factors) dan ukuran-ukuran (performance indicators) yang dapat dijadikan sebagai barometer sukses tidaknya perusahaan dalam memiliki dan mempertahankan keunggulun kompetitif tertentu. Beberapa teori keunggulan kompetitif di dunia maya menganjurkan agar paling tidak 7 (tujuh) aspek harus menjadi perhatian dari sebuah perusahaan, yaitu masing-masing:
1. Customer Service
2. Price
3. Quality
4. Fulfillment Time
5. Agility
6. Time to Market
7. Market Reach
5. Agility
6. Time to Market
7. Market Reach
Kondisi ketujuh aspek tersebut akan sangat menentukan posisi perusahaan di dalam kancah persaingan di dunia maya.
2. Bagaimana
perusahaan dapat melakukan pemasaran interaktif yang efektif ?
Jawaban :
Dalam
mencapai strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah
satunya perusahaan dapat melihat dari faktor bauran pemasaran. Hal tersebut
penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan
konsumen dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan
tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen, maka dapat dipastikan
bahwa pereusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk menyaring konsumen
dan produk yang ditawarkan akan sia-sia. Pemasaran merupakan salah satu ilmu
ekonomi yang telah lama berkembang. Dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran
sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan didalam
pangsa pasar, oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang dapat memberikan
pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produknya.
Apabila strategi pemasaran yang di
laksanakan perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik,
hal ini akan berpengaruh terhadap tujuan perusahaan.
Saluran terbaru
dari pemasaran langsung adalah saluran elektronik, atau dengan istilah
perdagangan elektronik yang menggambarkan satu varietas luas dari perangkat
lunak atau sistem komputer elektronik. Seperti penggunaan internet dan
pelayanan online. Pembeli komsumen yang paling populer melaluui internet sudah
sangat jauh hingga mencapai perangkat keras dan perangkat lunak komputer, tiket
penerbangan, buku, musik. Transaksi bisnis melalui internet bervolumne jauh
lebih tinggi dan meliputi berbagai macam barang dan jasa. Internet adalah
jaringan komputer Web global yang memungkinkan komubnikasi global yang lebih
cepat dan terdesentralisasi. para pengguna internet dapat menjelajahi internet
dan menjelajahi teks, grafik, gambar, dan suara yang sepenuhnya terpadu. Pemakai
dapat mengirim e-mail, bertujar pikiran, berbelanja barang-barang, serta
mengakses berita, resep makanan, informasi seni, dan informasi bisnis
3. Bagaimana
pemasar dapat memanfaatkan kekuatan berita dari mulut ke mulut dengan cara yang
paling baik?
Jawaban :
Salah
satu strategi pemasaran yang paling ampuh untuk meyakinkan customer adalah dari
mulut ke mulut. Kekuatan gaya marketing ini terletak pada cara persuasif yang
Anda gunakan untuk meyakinkan customer. Ketika Anda mampu memberikan yang
terbaik pada customer, maka satu customer ini akan menjadi loyal dan
menyebarkan berita bagus tentang produk dan jasa Anda kepada customer-customer
lain disekitarnya. Selain hal tersebut, gaya pemasaran ini tidak membutuhkan
budget yang besar. Karena sifatnya lisan, maka strategi marketing dari
mulut ke mulut ini harus bisa mempengaruhi emosi dan pikiran customer.
Selanjutnya, strategi marketing dari mulut ke mulut
ini harus dibuat mengakar di level batin terdalam customer. Gaya marketing
lisan dari mulut ke mulut akan menjadi sangat efektif bila Anda lakoni dengan
kekuatan empati, intuisi, dan sikap baik.
4. Apa
keputusan yang di hadapi perusahaan dalam merancang dan mengelola tenaga
penjualan?
Jawaban :
v
Mengevaluasi anggota saluran
Secara berkala, produsen harus mengevaluasi
kinerja perantara berdasarkan standar seperti pencapaian kuota penjualan,
tingkat persediaan rata-rata, waktu pengiriman kepada pelanggan, penanganan
barang rusak dan hilag, dan kerja sama dalam program promosi dan pelatihan.
v
Mengubah susunan saluran
Miland Lele menciptakan kisi-kisi
untuk memperlihatkan bagaimana saluran-saluran pemasaran telah berubah untuk
computer pribadi dan pakaian perancang pada tahap yang berbeda dalam siklus
hidup produk tersebut:
1) Tahap
perkenalan
2) Tahap pertumbuhan
cepat
3) Tahap
kematangan
4) Tahap penurunan
5. Bagaimana
wiraniaga dapat meningkatkan keahlian penjualan, negosiasi , dan pemasaran
hubungan mereka?
Jawaban :
Negosiasi merupakan
salah satu aspek penting dalam penjualan personal. Dalam negosiasi kedua pihak
yaitu penjual dan pembeli membuat kesepakatan tentang harga, kuantitas, dan
syarat-syarat lainnya. Dalam negosiasi kedua pihak dapat saling tawar-menawar
untuk membuat suatu kesepakatan. Oleh sebab itu salesperson perlu
untuk memiliki keahlian dalam bernegosiasi. Dalam kondisi dan situasi tertentu
negosiasi merupakan kegiatan yang tepat menutup penjualan, terutama ketika
sudah ada zona kesepakatan/zone of agreement. Zona kesepakatan ini
terjadi ketika hasil-hasil perundingan sudah dapat diterima oleh kedua pihak
baik pembeli maupun penjual.
Dalam negosiasi,
strategi adalah hal penting dalam penjualan secara sukses. Strategi negosiasi
adalah suatu komitmen terhadap pendekatan yang menyeluruh yang berpeluang untuk
mencapai tujuan perundingan. Beberapasalesperson ada yang menggunakan
strategi keras/hard sementara yang lain menggunakan strategi lunak/soft.
Seorang negosiator juga
menggunakan taktik yang biasa disebut sebagai taktik perundingan. Taktik ini
seperti sebuah manuver yang dibuat sesuai dengan kondisi tertentu. Taktik harus
selaras dengan strategi yang digunakan dalam bernegosiasi. Misal, jika ada
pihak lain yang lebih kuat maka kita dapat menggunakan taktik BATNA (Best
Alternative to a Negotiated Agreement). Taktik ini menjelaskan tentang
bagaimana kita harus dapat mengidentifikasi alternatif lain jika tidak terjadi
penyelesaian dengan menentukan standar-standar untuk mengukur setiap tawaran.
Sehingga kita bisa terbebas dari tekanan-tekanan untuk menerima syarat-syarat
yang tidak menguntungkan dari lawan yang lebih kuat.
Taktik lainnya adalah
tanggapan yang dimaksudkan untuk menipum membuat melenceng, atau memengaruhi
perundingan tersebut. Seorang negosiator harus pandai-pandai mengenali taktik
yang digunakan lawannya dan berusaha untuk menyusun taktik balasan agar tidak
terjadi kerugian dipihaknya.
6. Apa
tantangan yang dihadapi perusahaan dalam mengembangkan produk dan jasa baru?
Jawaban :
Peluncuran
produk baru semakin pesat dalam beberapa tahun terakhir. Di banyak industri
sepertiperdagangan eceran, barang konsumen, elektronik, otomotif dan lainya
waktu yang diperlukanuntuk membawa produk ke pasar turun setengahnya.
v
Imperative inovasi
Dalam perekonomian yang berubah
dengan cepat, inovasi berkelanjutan merupakansuatu keharusan. Perusahaan yang
sangat inovatif mampu mengidentifikasi danmengukur peluang pasar baru dengan
cepat.
Perusahaan inovatif menciptakan
sikap positif terhadap inovasi dan pengambilanresiko, merutinkan proses
inovasi, mempraktikan kerja team, dan memungkinkankaryawannya untuk
bereksperimen dan gagal.
Perusahaan yang gagal mengembangkan
produk baru sama saja denganmenempatkan diri mereka sendiri pada resiko, produk
lama akan rentan terhadapperubahan kebutuhan dan selera pelanggan, teknology
baru dan siklus hidup produkyan lebih pendek dan persaingan domestik dan asing
yang semakin meningkat.
v
Keberhasilan produk baru
Sebagaian besar perusahaan ternama
memfokuskan diri pada inovasi tambahan.Inovasi tambahan dapat memungkinkan
perusahaan untuk memasuki pasar barudengan memperbaiki produk untuk pelanggan
baru, menggunakan variasi produk intiuntuk tetapi memimpin pasar, dan
menciptakan solusi jangka pendek untuk seluruhmasalah industri.
agar perusahaan dapat bersaing
dengan baik, perusahaan yang ada harusmengamati preferensi pelanggan dan non
pelanggan secara hati hati sepanjang waktudan mengungkap kebutuhan pelanggan
yang selalu berubah dan sulit diartikulasikan.Produk yang unik dan superior
adalah faktor utama yang menentukan keberhasilan
7. Apa
struktur organisasi dan proses yang harus digunakan manajer untuk mengelola
pengembangan produk baru?
Jawaban :
Banyak perusahaan saat
ini menggunakan rekayasa yang digerakan pelanggan untuk merancangproduk baru.
Strategy ini menentukan betapa pentingnya memasukan preferensi pelanggan
dalamdesain akhir.
a. Sebuah perusahaan menentukan kriteria produk yang dapat di terima, sebagai
berikut :
b. Produk dapat diperkenalkan dalam lima tahun.
c. Produk setidaknya mempunyai potensi pasar setidaknya $50 juta dan tingkat
pertumbuhan15%.
d. Produk dapat memberikan setidaknya tingkat pengembalian penjualan 30% dan
ROI 40%.
e. Produk dapat mencapai kepemimpinan teknis atau pasar.
v Menentukan anggaran bagi pengembangan produk baru.
Manajemen senior harus memutuskan berapa banyak anggaran yang diperlukan
untukpengembangan produk baru. Hasil dari R&D sangat tidak pasti sehingga
sulitmenggunakan kriteria investasi normal.
Ada beberapa penetapan anggaran yang dilakukan sebuah perusahaan, anatara
lain :
Membiayai proyek R&D sebanyak mungkin, berharap mencapai beberapa pemenang.
v Angka persentase dari penjualan konvensionaliii
v Menetapkan anggaran sebesar anggaran pesaingiv.
Dari beberapa produk baru yg dihasilkan, bekerja mundur untuk
memperkirakaninvestasi yang diperlukan Mengelola pengembangan produk barui.
Beberapa perusahaan mempnyai
komite manajemen tingkat tinggi yangbertugas meninjau
dan menyetujui proposal, perusahaan besar sering membentuk
department produk baru yang dikepalai oleh manajer yang memiliki
kewenangansubstansial dan akses ke manajemen puncak. Tangung jawab departement meliputi
menghasilkan dan menyaring ide baru, bekerja sama dengan departmentR&D dan
melaksanakan uji lapangan dan komersialisasi
v
Venture team
Tim usaha adalah team
lintas fungsi yg bertugas mengembangkan produk atau bisnis khusus”intrapreneur”
ini dilepaskna dari tugas lainya dan diberikan anggaran,kerangka waktu, dan
“skunkworks” adalah tempat kerja informal dimana team tersebut dapat
mengembangkan produk baru. Team lintas fungsi ini dapat mengoper produkbaru ke
belakang dan ke depan sambil bergerak menuju tujuan.
v
Stage gate system
Membagi proses ke dalam
beberapa tahapan yang pada setiap tahap terdapatgerbang atau titik periksa, di
setiap tahapan pemimpin proyek harus bekerja samadengan team lintas fungsi
harus membrikan sejumlah penghantar sebelum proyekberlanjut ke tahap berikutnya
8. Apa
tahap utama dalam mengembangkan produk dan jasa baru?
Jawaban :
a. Penciptaan
ide
Proses pengembangan produk baru
dimulai dengan pencarian ide. Beberapa ahlipemasaran percaya bahwa peluang
terbesar dan peningkatan tertinggi produk baru ditemukandengan mengungkapkan
kemungkinan rangkaian terbaik dari keputusan pelanggan yangbelum terpenuhi atau
inovasi teknology.Ide produk baru bisa berasal dari interaksi dengan berbagai
kelompok danmenggunakan teknik yang menghasilkan kreativitas.Berinteraksi
dengan orang lain ( inovasi terbuka) ide bisa di dapatkan dari berbagaisumber
eksternal, antara lain :
pelanggan,
karyawan,ilmuwan,insinyur, anggota saluran,agensi pemasaran, manajemen puncak
dan pesaingi.
10 cara
menemukan ide produk baruii.
7 cara
menarik ide baru dari pelanggan Brain storming / sesi tukar pikiran. Penyaringan
ide Ada dua jenis kesalahan yang harud dihindari pada saat penyaringan ide
:i.(DROP error ) kesalahan menolak, terjadi ketika perusahaan menolak ide yangbaik.ii.(GO error) kesalahan menjalankan,
terjadi karena perusahaan memperbolehkanperusahaan memperbolehkan ide yang
buruk dikembangkan dan dikomersialisasikan.iii.
Kegagalan
produk absulut menyebabkan kerugian keuangan, penjualan tidakmenutup biaya
variableiv. Kegagalan produk parsial mengakibatkan kerugian keuangan, tetapi
penjualanmenutup semua biaya variable dan sejumlah biaya tetapnya
9. Apa
cara terbaik untuk mengelola proses pengembangan produk baru?
Jawaban :
A. Pengembangan
dan pengujian konsep
Ø Setiap
konsep harus mempresentasikan
konsep
katagori yang mendifinisikan persaingan produk tersebut,
Peta
perseptual adalah cara visual untuk menampilkan persepsi danpreferensi
konsumen, peta tersebut memberikan gambaran kuantitatif tentangsituasi pasar
dan bagaimana konsumen melihat produk, layanan dan merkyang berbeda dalam
berbaga dimensi, untuk melihat kebutuhan konsumen ygbelum terpenuhi.
Konsep
produk menjadi konsep merkPengujian konsep menyajikan versi konsep yang
terelabolasi kepada konsumen, perisetdapat mengukur dimensi produk dengan
meminta konsumen merespon jenis pertanyaan berikut:
1. Kemampuan
berkomunikasi dan kepercayaan
2. Tingkat
kebutuhan
3. Tingkat
kesenjangan.
4. Nilai
anggapan
5. Maksud
pembelian.
6. Target
pengguna, kejadian pembelian, frekuensi pembelian.
B. Pengembangan
strategy pemasaran
Setelah uji
konsep berhasil, manajer produksi baru aka mengembangkan rencanastrategis tiga bagian
awal untuk memperkenalkan produk baru ke pasar
1. Bagian
pertama menggambarkan ukuran pasar sasaran, struktur dan perilaku;positioning
produk yang direncanakan, lalu penjualan, pangsa pasar dan tujuanlaba yang di
cari dalam beberapa tahun pertama.
2. Bagian kedua
menggarisbawahi harga, strategy distribusi, dan anggaranpemasaran yang direncanakan
selama setahun pertama.
3. Bagian
ketiga rencana strategy pemasaran menggambarkan tunjuan penjualandan laba
jangka panjang serta strategy bauran pemasaran sepanjang waktu.
C. Analisis
bisnisi.
Memperkirakan
total penjualan
1. Total
penjualan yang diperkirakan adalah jumlah penjualan tahun pertamayang di
perkirakan, penjualan pengganti dan penjualan berulang. Hal inisangat di
pengaruhi apakah produk ini dibeli sekali, sering dibeli, jarang di beli.
2. Memperkirakan
biaya dan laba1.
Biaya
diperkirakan oleh department R&D, manufakture, pemasaran dan keuangan. Perusahaan
menggunakan analisis keuangan lainya untuk mengevaluasikelebihan proposal.
10. Apa
faktor yang memengaruhi tingkat difusi dan pemakaian konsumen terehadap prouk
dan jasa yang baru diluncurkan?
Jawaban :
Proses
adopsi konsumen adalah proses yang di dalamnya pelanggan belajar tentang produk
baru,mencobanya, dan mengadopsi atau menolak produk tersebut. Saat ini banyak
pemasar membidikpengguna berat dan pengadopsi awal produk baru karena kedua
kelompok dapat dijangkau olehmedia tertentu dan cenderung menjadi pemimpin
opini. Proses adopsi konsumen dipengaruhi olehbanyak factor di luar kendali
pemasar, termasuk kesedihan konsumen dan organisasi untukmencoba produk
baru,pengaruh pribadi, dan karasteristik produk atau inovasi baru.
§ Kesiapan
untuk mencoba produk baru dan pengaruh pribadi
§ Inovator
§ Pengadopsi
awal
§ Mayoritas
awal
§ Mayoritas
akhir
§ Orang yang
lambat
§ Karakter
istik inovasi
§ Keunggulan
relatif ( tingkat dimana inovasi tampak lebih bagus dari produklama)
§ Kompatibilitas
( tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai dan pengalamanperorangan )
§ Kompleksitas
( tingkat sulitnya inovasi untuk dipahami atau digunakan)
§ Kemampuan
dipisahkan ( tingkat dapat dicobanya inovasi secara terbatas )
§ Kemampuan
komunikasi ( tingkat dimana manfaat pengguna dapat dilihatatau digambakan
kepada orang lain )Kesiapan organisasi untuk menerapkan inovasi.
No comments:
Post a Comment