1.
BANK RAKYAT INDONESIA ( BRI )
UNIT PUTERAN
Bank Rakyat Indonesia yang kami teliti beralamat di jalan
Raya Pagerageung Tasikimalaya.
A.
Sejarah
Bank BRI
Pada
awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh
Raden Aria Wirjaatmadja dengan nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs
Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan
Indonesia (pribumi). Berdiri
tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.
Pendiri Bank Rakyat
Indonesia Raden Aria Wirjaatmadja Pada periode setelah kemerdekaan RI,
berdasarkan Peraturan Pemerintah No.1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI
adalah sebagai Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia. Adanya situasi
perang mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI sempat terhenti
untuk sementara waktu dan baru mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville
pada tahun 1949 dengan berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada
waktu itu melalui PERPU No.41 tahun 1960 dibentuk Bank Koperasi Tani dan
Nelayan (BKTN) yang merupakan gabungan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan
Nederlandsche Maatschappij (NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden
(Penpres) No. 9 tahun 1965, BKTN diintergrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan
nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan.
Setelah berjalan selama satu
bulan keluar Penpres No. 17 tahun 1965 tentang pembentukan Bank tunggal dengan
nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi,
Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia
unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit II
bidang Ekspor Impor (Exim).
Berdasarkan
Undang-Undang No.14 tahun 1967 tentang Undang-undang Pokok Perbankan dan
Undang-undang No.13 tahun 1968 tentang Undang-undang Bank Sentral, yang intinya
mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara
Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing
menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia.
Selanjutnya berdasarkan Undang-undang No. 21 tahun 1968 menetapkan kembali
tugas-tugas pokok BRI sebagai Bank Umum.
Sejak
1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-undang perbankan No. 7 tahun 1992 dan
Peraturan Pemerintah RI No.21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi PT. Bank
Rakyat Indonesia (Persero) yang kepemilikannya masih 100% ditangan Pemerintah.
Seiring
dengan perkembangan dunia perbankan yang semakin pesat maka sampai saat ini
Bank Rakyat Indonesia mempunyai Unit Kerja yang berjumlah 4.447 buah, yang
terdiri dari 1 Kantor Pusat BRI, 12 Kantor Wilayah, 12 Kantor Inspeksi /SPI,
170 Kantor Cabang(Dalam Negeri), 145 Kantor Cabang Pembantu, 1 Kantor Cabang
Khusus, 1 New York Agency, 1 Caymand Island Agency, 1 Kantor Perwakilan
Hongkong, 40 Kantor Kas Bayar, 6 Kantor Mobil Bank, 193 P.POINT,3.705 BRI UNIT
dan 357 Pos Pelayanan Desa.
Sampai
saat ini jumlah Cabang di Indonesia : 481 Kantor Cabang
Jumlah
Cabang di Luar Negri : 1 Kantor Cabang
Jumlah
karyawan di BRI unit puteran ini ada 8 orang dengan struktur organisasi sebagai
berikut.
STRUKTUR ORGANISASI BRI
UNIT
Pemimpin
Cabang
|
Teller
|
Customer
Service
|
Mantri
Unit
AO
|
Kepala
Unit
|
Manager
/ Asisten Manager Bisnis Mikro
|
B.
Visi
dan Misi BRI
1.
Visi
BRI
Menjadi
bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
2.
Misi
BRI
Melakukan
kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha
mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
Memberikan
pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan
didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek
good corporate governance.
Memberikan
keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
C. Produk
Dan Layanan Bri
1. Simpanan
Deposito : DEPOBRI Rupiah,
DEPOBRI Valas, Deposito On Call (DOC), SertiBRI
Giro : GiroBRI Rupiah,
GiroBRI Valas
Tabungan : BritAma,
SIMASKOT, SIMPEDES, Tabungan Haji
2.
Kredit
Mikro
: Kupedes
Retail
: Komersil, Konsumtif, Simulasi KRESUN, Simulasi KRETAP Menengah : Agribisnis,
Bisnis Umum
3.
Syariah
4.
Jasa Keuangan dan Bisnis
·
Jasa Bisnis : Bank Garansi, Kliring,
ATM, Safe Deposit Box
·
Jasa Keuangan : Bill Payment, CEPEBRI,
INKASO, Penerimaan Setoran, Transaksi Online, Transfer & LLG
·
Jasa Lain : SPP online, Salary
Crediting, Setoran Pajak, Dana Orang Tua Asuh, Western Union, Denda Tilang,
Zakat Infaq.
D.
Produk
Bank
Keterangan berbagai produk
:
1. BritAma
Fasilitas Tabungan
BritAma:
Fasilitas
Transfer Otomatis Antar Rekening.
·
Automatic Fund Transfer (AFT), yaitu fasilitas untuk mentransfer dana dari rekening
BritAma ke rekening simpanan di BRI, baik di Kanca sendiri ataupun di Kanca
lain, setiap tanggal tertentu dengan nominal transfer tertentu yang bersifat
tetap (secara rutin).
·
Account Sweep, adalah fasilitas untuk mentransfer dana dari satu
rekening ke rekening lainnya di Kanca sendiri ataupun di Kanca lain secara
otomatis yang sebelumnya di set up saldo minimal atau saldo maksimalnya.
Transfer otomatis terjadi apabila batas saldo minimal atau maksimal tersebut
terlampaui. Fasilitas ini dapat digunakan untuk keperluan BritAma mem-back up
giro secara otomatis.
·
Automatic Grab Fund (AGF), yaitu fasilitas transfer otomatis untuk menarik
(mendebet) dana secara otomatis oleh satu rekening dari rekening lainnya, baik
di Kanca sendiri maupun kanca lain. Inisiatif pendebetan berasal dari rekening
yang akan mendebet, dengan nominal transaksi yang bersifat tetap. Fasilitas ini
dapat digunakan untuk pembayaran angsuran pinjaman secara otomatis, dimana
rekening pinjaman akan secara otomatis mendebet rekening BritAma untuk membayar
angsurannya.
·
Asuransi Kecelakaan Diri (Personal
Accident)
Setiap nasabah BritAma dengan saldo minimal Rp 500.000,-
(Lima ratus ribu rupiah), berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri
(Personal Accident) dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo
dan maksimal pertanggungan Rp. 100.000.000,-. Selain itu asuransi BritAma
juga mengcover rawat inap dan cacat tetap.
·
Aksesibilitas BRI Card
·
Jaringan BRI Card
·
Undian Berhadiah Miliaran Rupiah
·
Menabung di BritAma dengan cara :Mengisi Aplikasi BritAma dengan melampirkan Copy
identitas(KTP/SIM/KIMS/Pasport)
Setoran awal Rp. 250.000,-
2.
Simpedes BRI
Simpedes dilayani
lebih dari 4000 kantor BRI unit yang tersebar di berbagai kecamatan dan
kabupaten di seluruh Indonesia,sehingga selalu dekat dengan anda.
Tabungan yang praktis dan memberikan berbagai keuntungan:
·
Jaringan
yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan terhubung secara On Line
Peluang besar untuk memenangkan hadiah
Peluang besar untuk memenangkan hadiah
·
Total
hadiah milyaran rupiah
·
BRI
Card (Kartu BRI) yang berfungsi sebagai Kartu ATM dan Kartu Debit dengan fitur
transaksi yang lengkap.
·
Praktis:
Pembukaan Rekening Tabungan Simpedes BRI yang mudah dan praktisFekuensi dan jumlah pengambilan tidak dibatasiFasilitas BRI Card yang lengkap:
Pembukaan Rekening Tabungan Simpedes BRI yang mudah dan praktisFekuensi dan jumlah pengambilan tidak dibatasiFasilitas BRI Card yang lengkap:
·
Informasi
Saldo dan penarikan tunai
·
Transfer
antar rekening BRI, jaringan ATM Bersama, jaringan ATM Prima
·
Pembayaran
tagihan Telkom, Flexy, PLN, Katu Halo, Matrix, IM3, Universitas Terbuka,
Speedy.
·
Pembelian
Pulsa Isi Ulang
·
Pembayaran
tagihan Kartu Kredit, KTA
·
Pembayaran
Tiket Pesawat dan Kereta Api
·
Pembayaran
TV Berlangganan
·
Registrasi
SMS Banking, Phone Banking< Auto Payment
·
Penggantian
PIN
3. Tabungan Haji
Bila wukuf di Arafah merupakan niat suci anda, Insya
Allah niat tersebut akan terwujud melalui Tabungan Haji dari Bank BRI yang kami
persembahkan khusus bagi pemenuhan biaya perjalanan Haji.
·
Fasilitas :
-
Gratis
Biaya Administrasi dan Provisi.
-
Gratis
Perlindungan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan Diri.
-
On-line
langsung dengan SISKOHAT DEPAG.
-
Penyetoran
dapat dilakukan di Bank BRI online di seluruh Indonesia dan juga melalui menu
transfer di e-channel BRI.
-
Souvenir
perlengkapan ibadah Haji
·
Persyaratan :
-
Setoran
awal :
-
Dalam
Rupiah : Rp. 50.000,-
-
Dalam
Dollar : USD 50
-
Mengisi
formulir aplikasi pembukaan rekening Tabungan Haji BRI
-
Melampirkan
fotokopi kartu identitas (KTP/SIM/Paspor dan KITAS/KITAP)
4. Tabungan BritAma Junior
BritAma Junior merupakan Produk Tabungan BRI yang secara khusus
dilengkapi fasilitas dan fitur yang menarik untuk segment pasar anak sampai
dengan remaja.
·
Keunggulan :
-
Bebas
biaya administrasi tabungan & biaya kartu bulanan.
-
Kartu
ATM Private Label berdesign khusus karakter atas nama anak.
-
Diikutkan
pada undian berhadiah
-
Real time on line
-
Fasilitas
e-banking
-
Mendapatkan
bunga
·
Fasilitas
-
Fasilitas
transfer otomatis (standing instruction)
-
Automatic Fund Transfer (AFT)
o
Fasilitas
untuk mentransfer dana dari GiroBRI ke rekening lainnya di BRI, pada tanggal
tertentu yang ditetapkan oleh nasabah
-
Account sweep
o
Fasilitas
untuk mentransfer dana dari GiroBRI ke rekening lainnya secara otomatis sesuai
dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah.
-
Automatic Grab Fund (AGF)
o
Fasilitas
untuk menarik (mendebet) dana GiroBRI secara otomatis oleh satu rekening
tertentu, misalnya untuk angsuran pembayaran rekening pinjaman.
-
Fasilitas
Asuransi Kecelakaan Diri atas Nama Anak
·
Persyaratan :
-
Minimum
setoran awal Rp. 200.000,- (untuk setoran awal bagi nasabah yang berumur di
atas 17 tahunRp. 500.000,-)
-
Paket
Tabungan BRI BritAma + Tabungan BRI BritAma Junior = Rp. 1.000.000,-
-
Mengisi
aplikasi pembukaan Tabungan BRI BritAma
-
Melampirkan
fotokopi kartu identitas (KTP/SIM/Paspor dan KITAS/KITAP) dan NPWP (bila ada).
5.
Deposito BRI Rupiah
Produk Deposito BRI yang memberikan kenyamanan
dan keamanan dalam investasi dana Anda.
·
Keunggulan :
-
Keleluasaan
dalam memilih jangka waktu Deposito BRI, mulai dari 1,2,3,6,12,18 dan 24 bulan
-
Bebas
biaya administrasi
-
Pencairan
sebagian nominal Deposito BRI tanpa merubah nomor rekening
-
Pencairan
Deposito BRI di unit kerja lainnya.
-
Suku
bunga kompetitif
-
Suku
bunga negosiasi (apabila memenuhi kriteria tertentu)
·
Fasilitas :
-
Perpanjangan
Deposito BRI dapat dilakukan secara otomatis (automatic roll-over)
-
Pencairan
Deposito BRI pada saat jatuh tempo dapat dilakukan secara:
o
Tunai
b. Dipindahbukukan ke rekening lain di BRI
b. Dipindahbukukan ke rekening lain di BRI
o
Ditransfer
/ kliring ke rekening Bank lain
·
Pada saat jatuh tempo, nasabah leluasa untuk menikmati
bunga secara:
o
Tunai
o
Dipindahbukukan
ke rekening lain di BRI
o
Dikliringkan
ke rekening Bank lain
o
Menambah
pokok Deposito BRI pada saat perpanjangan (add-on)
o
Kombinasi
dari beberapa pilihan tersebut di atas
·
Persyaratan :
-
Setoran
minimal Rp. 2.500.000,-
-
Mengisi
formulir pembukaan Deposito BRI Rupiah
-
Perorangan
Melampirkan fotokopi kartu identitas (KTP/SIM/Paspor dan KITAS/KITAP)
Melampirkan fotokopi kartu identitas (KTP/SIM/Paspor dan KITAS/KITAP)
-
Non
Perorangan
o
Melampirkan
fotokopi Akte Pendirian / Anggaran Dasar, Ijin usaha, NPWP dan dokumen
identitas pengurus serta asli Surat Kuasa.
6. Kupedes
Kupedes adalah suatu fasilitas kredit
yang disediakan oleh BRI Unit(bukan oleh Kantor CabangBRI atau Bank lain),
untuk mengembangkan atau meningkatkan usaha kecil yang layak.
·
Sasaran
Kupedes :
Perorangan atau Perusahaan usahanya
dinilai layak (eligible).
Golongan
masyarakat berpenghasilan tetap misalkan Pegawai Negeri Sipil dengan pangkat
lid kebawah dan bukat pejabat, Anggota ABRI pangkat pembantu letnan I kebawah
dan bukan pejabat, pegawai perusahaan daerah, pensiunan dari pegawai
berpenghasilan tetap, dll.
·
Jenis
Kupedes :
-
Kupedes Modal Kerja
Kupedes
modal kerja ini adalah pemberian kredit dari bank BRI kepada kreditur sebagai
modal kerja untuk membiayai suatu usaha.
-
Kupedes Investasi
Kupedes
investasi ini adalah pemberian kredit dari bank BRI kepada kreditur untuk
membiayai investasi.
-
Sektor
yang dibiayai Kupedes :
o
Sektor Pertanian
o
Perindustrian
o
Perdagangan
o
Jasa lainnya
o
Golongan berpenghasilan
tetap
-
Syarat
dan Ketentuan Kupedes :
Plafond Kupedes minimal Rp 25.000,- dan
maksimum Rp. 25.000.000,-
Dapat diberikan kedua jenis Kupedes
dalam waktu bersamaan sepanjang besarnya belum mencapai maksimum Rp.
25.000.000,-
-
Persyaratan
umum kupedes :
o
Warga Negara Indonesia
o
Dengan persyaratan :
o
Fotokopi KTP atau identitas lain yang
masih berlaku
o
Mempunyai usaha
o
Pengalaman berusaha minimal 1 tahun
o
Plafon sampai dengan Rp.100.000.000 per
nasabah
o
Jangka waktu kredit sampai dengan
maksimum 60 bulan.
-
Jangka
Waktu dan Pola Angsuran :
Jangka waktu angsuran minimal 3 bulan
dan maksimal 24 bulan.Untuk Kupedes modal Kerja dan Investasi 36 bulan. Pola
angsuran :
Angsuran secara bulanan.
Angsuran secara bulanan dengan grace period
Angsuran 3,4, 6 bulan.
-
Keistimewaan
Kupedes :
Diberikan IPTW(Insentif pembayaran tepat
waktu) bagi nasabah yang tertib mengangsur pinjamannya secara tepat waktu
selama periode tertentu yaitu sebesar 1/4 bagian dari suku bunga.
Agunan yang harus disediakan oleh calon
nasabah nilainya harus cukup mengcover jumlah Kupedes yang diterimanya beserta
kewajiban-kewajibannya (pinjaman pokok + bunga).
7.
Phone Banking BRI
Phone
Banking BRI adalah fasilitas layanan melalui telepon selama 24 jam sehari, 7
hari seminggu yang menyediakan informasi dan transaksi produk Perbankan melalui
mesin (Interactive Voice Response) atau melalui Agent. Call BRI adalah
brand name fasilitas Phone Banking BRI yang dapat dihubungi melalui nomor :
14017 atau 021-57 987 400.
·
Produk Banking
-
Informasi
(Information Inquiry)
Informasi
Saldo (melalui Agent & IVR)Informasi saldo yang dapat dilayani adalah saldo
simpanan yang dapat diakses oleh BRI Card ybs.Informasi Transaksi dan
Layanan melalui Facsimile (melalui Agent & IVR) Informasi mutasi transaksi
yang dapat dilayani adalah informasi 5 transaksi terakhir (maksimum dalam waktu
2 bulan terakhir). Tidak termasuk transaksi bunga, pajak danbiaya administrasi.
-
Informasi Produk Banking (melalui
Agent & IVR), yang meliputi :
o
Tabungan BRI: BritAma, Tabungan
Haji, dan Simpedes.
o
Deposito BRI: Deposito Rupiah, Deposito
Valas, Deposito on Call (DOC), dan Sertibri.
o
Giro BRI: Girobri Rupiah, Girobri Valas.
o
Kupedes, Kredit Kendaraan Bermotor,
Kredit Pemilikan Rumah, dll
o
Jasa transaksi on line BRI
o
Layanan dan Fitur ATM BRI
o
Layanan dan Fitur Mobile Banking,
meliputi: SMS Banking BRI dan mATM Bersama
o
ORI
Informasi
Suku Bunga BRI (Agent), yang meliputi: seluruh produk simpanan dan pinjaman di
BRI.
Informasi
Nilai Tukar Mata Uang Asing (Agent), yang meliputi: seluruh mata uang asing
yang dilayani di BRI.
Informasi
Biaya (Agent), yang mencakup: biaya atas jasa yang diberikan BRI seperti biaya
transfer, kliring, provisi dan sebagainya.
Dan
informasi lainnya yang telah ter-up date berkaitan dengan Produk Banking BRI
yang dapat dilakukan melalui Agent.
·
Transaksi,
melalui IVR
Transaksi
yang sudah dapat dilakukan pada saat ini :
-
Transfer Antar Rekening di BRI
-
Transaksi transfer antar rekening BRI
yaitu dari dan ke rekening simpanan yang sudah terdaftar di Call BRI, dimana
batas maksimal transfer sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
-
Nomor rekening tujuan nasabah harus
didaftarkan (registrasi) terlebih dahulu ke sistem Phone Banking BRI sesuai
dengan ketentuan yang berlaku. Registrasi nomor rekening tujuan dimaksud
dilakukan melalui ATM BRI menggunakan menu Transaksi Lainnya, sub menu
Registrasi – Transaksi via Call BRI.
-
Pembayaran (Bill Payment).
Jenis
pembayaran tagihan yang dapat dilakukan melalui Call BRI saat ini adalah :
-
Tagihan telepon
-
Tagihan listrik
-
Tagihan telepon seluler pasca bayar,
meliputi: Matrix, kartuHalo, dan IM3 Bright
-
Tagihan Kartu Kredit, meliputi: BRI,
Standard Chartered Bank (SCB), Citibank, ANZ Panin Bank, HSBC
-
Tagihan Kredit Tanpa Agunan/Personal
Loan, meliputi: Citibank/Citifinancial, Standard Chartered Bank (SCB), ANZ
Panin Bank
-
Tagihan Cicilan Kredit Kendaraan
Bermotor, meliputi: Federal Insurance Finance (FIF), Bussan Auto Finance (BAF),
dan Summit Oto Finance (SOF)
·
Pembelian:
:
Jenis
pembelian yang dapat dilakukan melalui Call BRI saat ini adalah pembelian pulsa
telepon seluler yang meliputi:
o
Simpati
o
Mentari
o
XL
o
IM3
Dalam
rangka meningkatkan keamanan dan kenyamanan bertransaksi melalui Call BRI, maka
nomor handphone nasabah harus didaftarkan (registrasi) terlebih dahulu ke sistem
Phone Banking BRI sesuai dengan ketentuan yang berlaku.Registrasi nomor
handphone dimaksud dilakukan melalui ATM BRI menggunakan menu Transaksi
Lainnya,
sub menu Registrasi – Transaksi via Call BRI.
a) ATM BRI.
Fitur
ATM BRI dapat digunakan oleh Nasabah BRI yang memiliki BRI Card. Jumlah ATM BRI
yang dapat diakses oleh pemegang BRI Card adalah sebanyak kurang lebih 1.300
ATM BRI, 5.697 ATM Link, 7.592 ATM Bersama, 6.872 ATM PRIMA, 2.075 ATM MEPS
(BANKCARD), serta 800.000 ATM berlogo Cirrus di seluruh dunia.
·
FITUR ATM BRI
-
Fitur Penarikan Tunai
Penarikan Tunai adalah pengambilan sejumlah uang yang
dikeluarkan oleh mesin ATM atas transaksi elektronik yang dilakukan Nasabah BRI
menggunakan BRI Card melalui ATM BRI. Jumlah uang yang dapat
ditarik :
o
BRI Card Classic : Rp. 5 Juta
o
BRI Card Gold : Rp. 10 Juta
o
BRI Card Platinum : Rp. 25 Juta
Selain
di ATM BRI, nasabah BRI dapat melakukan penarikan tunai di ATM Bank lain (ATM
Sharing) yang tergabung pada jaringan :
o
ATM LINK
o
ATM BERSAMA
o
ATM PRIMA
o
ATM Cirrus
o
BANKCARD (MEPS)
Selain
nasabah BRI, Nasabah bank yang dapat memanfaatkan Fitur Penarikan Tunai di ATM
BRI adalah Nasabah pemegang Kartu ATM/Kartu Debit/Kartu Kredit berikut ini :
o
Kartu ATM berlogo LINK
o
Kartu ATM berlogo ATM BERSAMA
o
Kartu ATM berlogo ATM PRIMA
o
Kartu ATM berlogo BANKCARD
o
Kartu Debit berlogo Maestro Cirrus
o
Kartu Debit berlogo MasterCard
o
Kartu Kredit BRI (MasterCard)
-
Fitur Informasi Saldo
o
Fitur Informasi saldo terdiri atas :
o
Informasi saldo rekening BRI
o
Informasi saldo bagi nasabah bank yang
tergabung dalam jaringan ATM yang telah bekerjasama dengan BRI (ATM Sharing)
o
Informasi Tagihan Kartu Kredit BRI
o
Informasi Saldo rekening BRI adalah
suatu informasi posisi saldo terakhir yang tercatat pada satu rekening BRI. Besaran
Saldo yang diinformasikan kepada nasabah melalui screen ATM adalah sebesar
saldo efektif (saldo yang dapat bertransaksi).
o
Selain di ATM BRI, Nasabah pemegang BRI
Card dapat melakukan transaksi Informasi Saldo di seluruh ATM yang berlogo ATM
Link, ATM Bersama, ATM Prima dan ATM Cirrus.
o
Fitur Informasi Saldo di ATM BRI dapat
juga dilakukan oleh nasabah bank anggota jaringan ATM yang telah bekerja sama
dengan BRI,
yaitu
bank-bank anggota jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM PRIMA, dan ATM Cirrus.
-
Fitur Transfer
Fitur
Transfer Antar Rekening BRI (Intrabank Fund Transfer)Ketentuan besarnya Limit
Transfer adalah sebagai berikut :
o
Kartu Classic/Kartu BRI :
Rp.20.000.000
o
Kartu Gold : Rp.50.000.000
o
Kartu Platinum :
Rp.75.000.000
Fitur
Transfer Antara rekening BRI dan rekening Bank Lain (Interbank Fund Transfer)
Transaksi
Transfer Antara rekening BRI dan rekening Bank Lain terdiri dari :
Transfer
on-line antar bank di seluruh Indonesia (ATM Bersama dan ATM PRIMA)
Transfer
on-line ke rekening BRI oleh nasabah ATM Bersama dan ATM PRIMA
Interbank Fund Transfer di Jaringan ATM
Bersama
Fitur
Interbank Fund Transfer dimanfaatkan oleh Nasabah untuk mengirimkan uang ke rekening
bank anggota ATM Bersama.
Limit
transfer per hari adalah sebesar Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) untuk
seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold dan Platinum). Sekali transaksi maskimal
Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah). Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak
dibatasi selama limit transfer per hari sebagaimana point tersebut diatas,
tidak terlampaui. Fitur Interbank Fund Transfer Jaringan ATM Bersama telah
dikembangkan oleh 50 bank anggota
Jaringan ATM Bersama.
Interbank
Fund Transfer di Jaringan ATM PRIMALimit transfer per hari adalah sebesar
Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) untuk seluruh jenis BRI
Card/BritAma (Classic, Gold dan Platinum).
Frekuensi
transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transfer per hari
sebagaimana point tersebut diatas, tidak terlampaui. ±Fitur
Interbank Fund Transfer Jaringan ATM PRIMA telah dikembangkan oleh 30 bank anggota Jaringan ATM PRIMA.
-
Fitur Pembayaran (Bill Payment)
Fitur
pembayaran (Bill Payment) di ATM BRI meliputi pembayaran tagihan Telepon,
tagihan Listrik (PLN), tagihan Seluler, Angsuran Kendaraan Bermotor, tagihan
Kartu Kredit, pembayaran pendidikan.
o Pembayaran Tagihan Telepon
Fitur
Pembayaran Tagihan Telepon (TELKOM) dan Flexi yang dapat dilayani di ATM BRI
dibagi kedalam beberapa Divre, sebagai berikut:
DIVRE
I :Kandatel Aceh, Medan, Riau Daratan, Riau Kepulauan, Sumbar, Sumbagsel, Sumut
dan Lampung
DIVRE
II : Kandatel Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta
Barat), Bogor, Tangerang (Tangerang, Cilegon, Serang), Bekasi (Bekasi,
Purwokerto, Karawang)
DIVRE
III : Kandatel Bandung, Cirebon, Cianjur, Garut, Rangkasbitung, Subang,
Sukabumi dan Tasikmalaya
DIVRE
IV : Kandatel Pekalongan, Purwokerto, Semarang, Solo, Yogyakarta
DIVRE
V : Kandatel Jawa Timur (Surabaya Barat, Surabaya Timur, Malang, Madiun, Jember)
DIVRE
VI : Kandatel Kaltim dan Kalsel
DIVRE
VII : Kandatel Mataram, Kendari, Pare-pare, Makassar, Kupang dan Manado
o
Pembayaran
Tagihan Listrik
Area
pembayaran meliputi Daerah Distribusi Jakarta, Distribusi Jawa Barat,
Distribusi Jawa Timur, Distribusi Jawa Tengah dan Sumbar.
o
Pembayaran
Tagihan Seluler
Jumlah tagihan Seluler Pasca Bayar yang akan
ditampilkan di screen ATM adalah sesuai data tagihan biaya atas
penggunaan jasa selular yang dikeluarkan oleh operator seluler. Tagihan Seluler
Pasca Bayar yang dapat dilayani oleh ATM BRI adalah :
Flexi
Kartu Halo
Matrix
Star one
Explore
Fren
Esia
-
Pembayaran
Angsuran Kendaraan Bermotor
o
FIF (Federal Internasional Finance)
o
BAF (Busan Auto Finance)
o
SOF (Summit Oto Finance)
Pada
saat melakukan pembayaran di menu ATM, Nasabah diminta untuk memasukkan Nomor
Kontrak yang merupakan identitas konsumen yang bersifat unik yang harus diinput
pada saat melakukan transaksi pembayaran angsuran kredit sepeda motor .
-
Pembayaran
Tagihan Kartu Kredit/Personal Loan
o
Kartu Kredit BRI
o
Kartu Kredit Standard Chartered Bank
o
Kredit Tanpa Agunan Standard Chartered
Bank
o
Kartu Kredit ANZ Panin Bank
o
Kartu Kredit Citibank
o
Personal Loan dan Citi Financial
Citibank
o
Ready Cash Citibank
o
Kartu Kredit HSBC
o
Personal Loan HSBC
o
Kartu Kredit ABN AMRO
o
Kredit Tanpa Agunan ABN AMRO
Untuk
melakukan pembayaran, nasabah harus menginput nomor kartu/nomor rekening dan
jumlah tagihan yang akan dibayar.
-
Pembayaran
Tiket Maskapai Penerbangan
o
Garuda
o
Lion Air
o
Mandala
-
Pembayaran
Pendidikan UNIVERSITAS TERBUKA
-
Fitur Pembelian (Purchasing) Seluler
o
Simpati (Telkomsel)
o
Mentari (Indosat)
o
IM3 (Indosat)
o
XL Bebas (XL)
o
Star One
o
As
o
Esia
o
Fren
-
Fitur Registrasi
b)
Registrasi
Phone Banking
Fitur
Registrasi Phone Banking digunakan untuk mengaktifkan fasilitas Phone Banking
BRI, termasuk didalamnya adalah registrasi rekening tujuan transfer phone
banking dan registrasi nomor hp yang dapat diisikan pulsanya.
Yang
perlu diperhatikan ketika melakukan registrasi phone banking :
Registrasi
phone banking dilakukan atas inisistif sendiri, bukan berdasarkan panduan atau
perintah orang lain
Jangan
memberitahukan PIN dan nomor BRI Card kepada orang lain
Pastikan
bahwa nomor rekening tujuan transfer/nomor handphone yang didaftarkan adalah
nomor rekening/nomor handphone yang telah dikenal dan atas kehendak sendiri.
Segera
menghubungi call BRI 14017 jika merasa kurang nyaman dengan proses registrasi
tersebut.
c)
Registrasi
SMS Banking
Fitur
ini digunakan untuk mengaktifkan fasilitas SM Banking BRI, sehingga nasabah
dapat melakukan transaksi SMS Banking melalui handphonenya. Proses registrasi
dilakukan dengan menginput nomor handphone nasabah dan PIN SMS Banking ke dalam
sistem untuk di koneksikan dengan rekening nasabah ybs.
Yang
perlu diperhatikan ketika melakukan registrasi SMS Banking :
Pastikan
anda sendiri yang melakukan registrasi dan tidak dipandu melalui telepon
atau ponsel orang lain yang tidak dikenal
Pastikan
bahwa nomor handphone yang anda registrasikan adalah nomor handphone anda
sendiri, BUKAN NOMOR HANDPHONE ORANG LAIN.
Jagalah
kerahasiaan PIN (PIN BRI Card dan PIN SMS Banking) dengan tidak memberitahukan
kepada orang lain.
Untuk menonaktifkan
registrasi Phone banking atau registrasi SMS Banking, nasabah ybs harus
menghubungi Call BRI 14017/021-57987400.
d)
Fitur Ubah PIN
Fitur
Ubah PIN merupakan fitur yang akan pertama kali ditampilkan secara otomatis
oleh ATM apabila Nasabah menggunakan BRI Card untuk pertama kali. Nasabah
dianjurkan untuk tidak menggunakan nomor kendaraan, tanggal lahir ataupun
tanggal lainnya yang mudah ditebak oleh orang-orang yang tidak berkepentingan.
e) SMS Banking BRI
Layanan
SMS Banking BRI adalah layanan perbankan dari BRI dengan menggunakan Plain SMS
dan dengan kode akses 3300 sebagai nomor tujuan Layanan SMS Banking BRI.
a)
Cara
Mendapatkan Layanan SMS Banking BRI
Memiliki
BRI Card
Telah
melakukan Registrasi di ATM BRI.
Telah
memiliki PIN SMS BRI sejumlah 6 digit yang diregistrasikan melalui ATM BRI.
Layanan
SMS Banking BRI menggunakan nomor akses: 3300 untuk seluruh telco operator baik
GSM maupun CDMA.
b)
Registrasi
SMS Banking
Untuk
mendapatkan Layanan SMS Banking BRI, nasabah harus melakukan registrasi nomor
kartu selular di ATM BRI.
Nasabah
akan diminta memasukkan nomor kartu selular dan PIN SMS BRI yang terdiri atas 6
(enam) digit angka sebagai kode akses untuk melakukan transaksi SMS Banking
BRI.
Untuk
Layanan SMS Banking BRI ini, 1 (satu) nomor Kartu ATM/Debit BRI hanya dapat
digunakan untuk 1 (satu) nomor kartu selular.
c)
Transaksi
SMS Banking
Setiap
transaksi SMS Banking BRI nasabah hanya dikenakan biaya pulsa sms saja dan
belum ada biaya transaksi tambahan.Adapun besarnya biaya pulsa tergantung
ketentuan masing-masing operator.
d)
Info saldo
Ketik
SALDO spasi [PIN SMS BRI], kirim ke 3300
Transfer
antar rekening BRI
Ketik
TRANSFER spasi BRI[NOREK TUJUAN] spasi [NOMINAL] spasi [PIN SMS BRI], kirim ke
3300
Pembayaran
tagihan Kartu kredit BRI, Citibank (kartu kredit, personal loan, ready cash,
dan Citifinancial), Kartu Kredit/KTA Standard Chartered, Kartu Kredit/KTA HSBC
dan Kartu Kredit ANZ.Contoh : untuk pembayaran tagihan kartu kredit BRI
Ketik BAYAR spasi BRI spasi [NO KARTU] spasi [NOMINAL] spasi [PIN SMS BRI], kirim ke 3300
Ketik BAYAR spasi BRI spasi [NO KARTU] spasi [NOMINAL] spasi [PIN SMS BRI], kirim ke 3300
Pembelian
pulsa isi ulang simPATI, Mentari, XL, dan IM3 Smart
Ketik
PULSA spasi [NO HP] spasi [PULSA/1000] spasi [PIN SMS BRI], kirim ke 3300
Ganti
PIN SMS BRI
Ketik
PIN spasi [PIN SMS BRI Baru] spasi [PIN SMS BRI Lama], kirim ke 3300
Informasi
Transaksi (Help)
Ketik
HELP, kirim ke 3300
8.
SMS
Banking ber-Menu
Selain
menggunakan SMS biasa, SMS Banking BRI dapat digunakan dengan menu yang harus
diinstall di handphone. Menu SMS Banking tersebut dapat di download langsung
dari handphone melalui URL https://bri.co.id/BRIMobile.jar.
Untuk mendowload menu tersebut, pastikan fitur GPRS telah diaktifkan sesuai
dengan provider masing-masing.Handphone yang bisa diinstall menu SMS Banking
minimal memiliki fasilitas java versi MIDP 2.
Apabila
terdapat penambahan Fitur SMS Banking, nasabah dapat mendowload ulang aplikasi
yang baru dan mereplace/uninstall aplikasi yang lama.
Kelebihan
yang dimiliki SMS Banking Bermenu adalah :
·
Nasabah tidak perlu mengingat perintah
transaksi SMS Banking
·
Transaksi lebih aman karena message
transaksinya tidak tersimpan di dalam Sent Items/Outbox
·
Lebih user friendly karena berbasis menu
9.
Blokir
Layanan SMS Banking BRI
Layanan
SMS Banking BRI akan diblokir apabila :
·
Nasabah pengguna salah
menuliskan/mengetik PIN SMS Banking BRI 3 kali berturut-turut.
·
Permintaan nasabah pengguna
·
Permintaan blokir dilakukan melalui
CallBRI.
·
Dianggap perlu berdasarkan pertimbangan
BRI, dimana terdapat indikasi adanya fraud/penyalahgunaan fasilitas oleh pihak
yang tidak berwenang/ kesalahan system yang segera dilakukan klarifikasi.
·
Pengaktifan kembali Layanan SMS Banking
BRI hanya dapat dilakukan melalui registrasi ulang di ATM BRI setelah nasabah
ybs. Menghubungi Call BRI untuk mendelete registrasi sebelumnya.
10. Tips Aman Transaksi Melalui SMS
Banking
·
Saat Transaksi:
Segera
hapus pesan SMS yang dikirim setelah bertramsaksi melalui SMS Banking BRI, agar
tidak terbaca oleh orang yang tidak berhak.
·
Saat Terjadi Indikasi Penipuan:
Segera
laporkan kejadian yang terindikasi penipuan ke Layanan CallBRI 14017 /
021-57987400 untuk meminta menon-aktifkan Layanan SMS Banking yang
bersangkutan.
·
Saat Ponsel Hilang:
Segera
laporkan kehilangan ponsel yang telah diregistrasi untuk SMS Banking BRI ke
operator ponsel Anda atau Layanan CallBRI untuk menon-aktifkan Layanan SMS
Banking BRI.
·
Jangan mudah terpengaruh oleh SMS atau
telepon dari seseorang dengan iming-iming hadiah atau dropping dana tertentu,
dan segera meminta konfirmasi ke CallBRI apabila menghadapi kejadian tersebut.
11. mATM Bersama
mATM
Bersama adalah Layanan Mobile Banking/Mobile Commerce 67 bank member yang±bekerjasama
dengan ATM Bersama,yang telah mempunyaitergabung didalamnya.
Menu
mATM Bersama akan menjadi default menu untuk semua kartu Telkomsel (saat ini
terdapat pada kartu Simpati).
Keunggulan layanan mATM
Bersama :
·
Menggunakan menu Base (STK menu)
·
Menggunakan Enkripsi pada setiap
transaksinya
·
Menggunakan nomor kartu ATM sebagai
identitasnya
·
Nomor kartu ATM akan tersimpan dengan
menggunakan Password
Cara mendapatkan
Layanan mATM Bersama :
·
Memiliki Kartu Debit/ATM BRI
·
Telah melakukan registrasi di ATM BRI
·
Memiliki simcard Telkomsel yang terdapat
menu mATM Bersama di dalam T-Sel Menunya.
Fitur
Transaksi mATM Bersama :
·
Info Saldo
·
Transfer Antar Bank /Pembayaran Kartu
kredit BRI
2. BANK SYARIAH MANDIRI ( BSM )
Bank Syariah Mandiri yang kami teliti beralamat di
Jl. Raya Panumbangan, Samping Ruko Tanjung Anom, Tanjungmulya, Ciamis 46263.
Dalam konsep
Islam, Bank dikenal dengan istilah mashrif, yang berarti tempat
berlangsungnya saling menukar harta, baik dengan cara mengambil ataupun
menyimpan, atau selainnya untuk melakukan muamalah.
Bank syariah : lembaga
keuangan yang usaha pokoknya memberikan
kredit dan jasa – jasa keuangan lainnya yang sesuai dengan syariat Islam
Bank syariah
menerapkan prinsip bagi hasil (profit and loss sharing)
A.
PRODUK PENDANAAN
1. BSM Implan
BSM Implan adalah pembiayaan
konsumer dalam valuta rupiah yang diberikan oleh bank kepada karyawan tetap
Perusahaan yang pengajuannya dilakukan secara massal (kelompok).
BSM Implan dapat mengakomodir
kebutuhan pembiayaan bagi para karyawan perusahaan, misalnya dalam hal
perusahaan tersebut tidak memiliki koperasi karyawan, koperasi karyawan belum
berpengalaman dalam kegiatan simpan pinjam, atau perusahaan dengan jumlah
karyawan terbatas.
·
Peruntukkan:
pembelian barang konsumer (halal)
Untuk pembelian/memperoleh manfaat
atas jasa (contoh: untuk biaya dana pendidikan).
·
Benefit/manfaat:
Bagi
perusahaan:
Salah
satu bentuk penghargaan kepada karyawan
Outsourcing sumber dana dan administrasi
pinjaman.
Bagi
Karyawan:
Kesempatan
dan kemudahan memperoleh fasilitas pembiayaan
·
Akad Pembiayaan:
Untuk pembelian barang digunakan akad Wakalah wal
Murabahah
Untuk memperoleh manfaat atas jasa digunakan akad Wakalah
wal Ijarah.
·
Fitur:
Pemberian fasilitas pembiayaan konsumer dengan pola channeling
kepada sejumlah karyawan (kolektif) dengan rekomendasi Perusahaan. Limit
pembiayaan minimum sebesar Rp5 juta dan maksimum sebesar Rp250 juta per calon
nasabah
o Limit pembiayaan konsumer tanpa
agunan per nasabah adalah maksimal Rp50 juta.
o Khusus untuk Pegawai Negeri
Sipil/BUMN/TNI POLRI, limit pembiayaan konsumer tanpa agunan per nasabah adalah
maksimal Rp100 juta.
Jangka waktu pembiayaan bervariasi
sbb:
o Untuk pembelian keperluan konsumer
dengan limit pembiayaan hingga Rp50 juta (tanpa agunan), jangka waktu
pembiayaan maksimal 3 (tiga) tahun
o khusus untuk Pegawai Negeri Sipil/BUMN/TNI
POLRI dengan limit pembiayaan hingga Rp100 juta (tanpa agunan), jangka waktu
pembiayaan maksimal 5 (lima) tahun
o Untuk pembelian keperluan konsumer
dengan agunan (selain untuk pembelian rumah/mobil) dengan limit di atas Rp50
juta s.d. Rp100 juta, jangka waktu pembiayaan maksimal 5 (lima) tahun.
o Untuk pembelian kendaraan mobil
pribadi dengan limit di atas Rp50 juta hingga Rp200 juta, jangka waktu
pembiayaan maksimal 5 (lima) tahun dan usia kendaraan pada saat jatuh tempo
pembiayaan maksimal 10 tahun.
o Untuk pembelian tanah berikut
bangunan rumah di atasnya dengan limit di atas Rp50 juta s.d. Rp250 juta
mengacu pada ketentuan Pembiayaan Griya BSM.
·
Pengajuan Pembiayaan:
-
Pengajuan pembiayaan BSM Implan dilakukan melalui Perusahaan
tempat calon nasabah bekerja secara kolektif
-
Jumlah minimum pengajuan pembiayaan dalam satu kelompok
permohonan adalah 10 (sepuluh) orang calon nasabah atau sebesar Rp100 juta
-
Pengelompokan calon nasabah disesuaikan dengan jenis
pembiayaannya, yaitu pembelian/pembiayaan keperluan konsumtif tanpa agunan,
dengan agunan, Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR), dan Pembiayaan Pemilikan
kendaraan mobil.
2. Pembiayaan Dana Berputar
Pembiayaan Dana Berputar adalah
fasilitas pembiayaan modal kerja dengan prinsip musyarakah yang penarikan
dananya dapat dilakukan sewaktu-waktu berdasarkan kebutuhan riil nasabah.
·
Akad Pembiayaan:
-
Akad yang digunakan adalah akad musyarakah
-
Akad musyarakah adalah akad kerja sama usaha patungan dua
pihak atau lebih pemiliki modal (syarik/shahibul maal) untuk membiayai
suatu jenis usaha (masyru) yang halal dan produktif.
·
Manfaat:
-
Membantu menanggulangi kesulitan likuiditas nasabah
terutama kebutuhan dana jangka pendek
-
Nasabah dapat memanfaatkan pembiayaan bank secara optimal
sesuai dengan kebutuhan riil dengan cara melakukan penarikan sesuai
dengan kebutuhan.
·
Fitur:
-
Jenis pembiayaan adalah pembiayaan modal kerja
-
Peruntukan pembiayaan adalah perorangan dan perusahaan
-
Jangka waktu pembiayaan 1 tahun dan dapat diperpanjang
-
Menggunakan 2 (dua) rekening, yaitu rekening giro dan
rekening pembiayaan
-
Penarikan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan menggunakan
cek/BG. Transfer dengan menyertakan cek/BG.
·
Persyaratan:
-
Merupakan nasabah komersial kecil, menengah, besar dan
korporasi
-
Nasabah harus membuat laporan penggunaan dana selama 1
(satu) bulan
-
Fasilitas diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja
sementara dan bukan untuk Permanent Working Capital, dimana bersifat self
liquidating
-
seiring dengan menurunnya aktifitas bisnis pada masa
bersangkutan
-
Setiap periode penggunaan fasilitas Pembiayaan Dana Berputar
harus digunakan untuk pencapaian realisasi sales sehingga bagi hasil
dapat
-
Memiliki aktifitas rekening koran yang aktif berkaitan
dengan kegiatan bisnisnya.
·
Pembiayaan Umrah
Pembiayaan Umrah adalah pembiayaan
jangka pendek yang digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan biaya perjalanan
umrah seperti namun tidak terbatas untuk tiket, akomodasi dan persiapan biaya
umrah lainnya dengan akad ijarah.
·
Manfaat:
-
Membantu nasabah dalam menunaikan ibadah umrahnya
-
Mengangsur pembayaran dengan jumlah angsuran yang tidak akan
berubah selama masa perjanjian.
·
Fitur:
-
Angsuran tetap hingga jatuh tempo pembiayaan
-
Proses permohonan yang mudah dan cepat
-
Maksimal sebesar Rp 25 juta, plafond pembiayaan tidak
melebihi 80% dari kebutuhan yang akan dibiayai
-
Jangka waktu pembiayaan maksimal 2 tahun.
·
Persyaratan:
-
Nasabah menyampaikan permohonan Pembiayaan Umrah
-
Apabila nasabah telah beristri/bersuami, maka pada saat
penandatanganan akad Pembiayaan Umrah, harus menyertakan surat persetujuan dari
suami/istri
-
Minimal uang muka nasabah 20% dari biaya umrah.
·
Dokumen nasabah yang diperlukan:
-
Fotokopi KTP Pemohon
-
Fotokopi KTP Suami/Istri
-
Fotokopi Kartu Keluarga dan Surat Nikah (bila sudah
menikah)/Surat Cerai
-
Asli slip gaji/surat keterangan penghasilan terakhir
-
Fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai tetap
-
Asli Surat Keputusan Pengangkatan calon PNS dan Pengangkatan
PNS (khusus Nasabah pegawai negeri sipil)
-
Fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir
-
Bukti/keterangan asli keikutsertaan perjalanan umrah dari
penyedia layanan umrah (Biro Perjalanan Umrah) berikut perincian biayanya
-
Surat Persetujuan dan Kuasa (form B dan C).
·
Pembiayaan Kendaraan Bermotor
BSM Pembiayaan Kendaraan Bermotor
(PKB) merupakan pembiayaan untuk pembelian kendaraan bermotor dengan sistem
murabahah.Pembiayaan yang dapat dikategorikan sebagai PKB adalah:
-
Jenis kendaraan: Mobil dan motor
-
Kondisi kendaraan: Baru dan bekas..
Untuk
kendaraan baru, jangka waktu pembiayaan hingga 5 tahun sedangkan kendaraan
bekas hingga 10 tahun (dihitung termasuk usia kendaraan dan jangka waktu
pembiayaan).
Syarat
& Ketentuan:
-
Pemohon harus mempunyai pekerjaan dan/atau pendapatan yang
tetap.
-
Usia pemohon pada saat pengajuan PKB minimal 21 tahun dan
maksimal 55 tahun pada saat jatuh tempo fasilitas PKB.
-
Pengajuan PKB dapat dilakukan sendiri-sendiri atau koordinir
secara kolektif oleh instansi dimana pemohon bekerja.
Dokumen yang Diperlukan:
-
Fotocopy kartu identitas: KTP/SIM
-
Fotocopy kartu keluarga
-
Surat keterangan yang ditandatangani oleh pejabat yang
berwenang dari instansi/perusahan tempat pemohon bekerja yang menyatakan
pemohon adalah pegawai dari instansi/perusahaan yang dimaksud.
-
Slip gaji yang dishkan oleh instansi/perusahaan tempat
pemohon bekerja.
-
Keterangan mengenai kendaraan bermotor yang akan dibeli
meliputi jenis kendaraan, tahun pembuatan, fotocopy BPKB, nama pembeli
sebelumnya dan harga kendaraan.
-
Fotocopy surat nikah (bagi pemohon yang telah
beristri/bersuami)
-
Surat persetujuan dari istri/suami (bagi pemohon telah
beristri/bersuami).
·
Pembiayaan Griya BSM Optima
Pembiayaan pemilikan rumah dengan tambahan
benefit berupa adanya fasilitas pembiayaan tambahan yang dapat diambil nasabah
pada waktu tertentu sepanjang coverage atas agunannya masih dapat meng-cover
total pembiayaannya dan dengan memperhitungkan kecukupan debt to service ratio
Nasabah.
Pembiayaan yang dapat dikategorikan
sebagai Pembiayaan Griya BSM Optima adalah pembiayaan untuk pembelian
rumah tinggal (konsumer) yang telah bersertifikat, baik baru maupun bekas di
lingkungan developer maupun non developer, dan memungkinkan bagi
Nasabah untuk menambah fasilitas pembiayaannya guna pemenuhan kebutuhan
konsumer lainnya sepanjang DSR dan coverage atas agunannya masih meng-cover
total pembiayaannya.
Persyaratan:
Individu/perorangan dengan kriteria
sebagai berikut:
-
Cakap hukum (telah berusia minimal 21 tahun atau telah
menikah)
-
Pekerjaan:
Golongan Pekerjaan
|
Minimal Masa
Kerja/
PengalamanUsaha
|
Maksimal Jangka Waktu
Pembiayaan
|
Pegawai/karyawan tetap
|
2 tahun
|
10 tahun
|
Wiraswasta
|
2 tahun
|
5 tahun
|
Professional
|
2 tahun
|
5 tahun
|
Usia Nasabah minimal 21 tahun
dan pada saat jatuh tempo fasilitas pembiayaan usia pegawai/karyawan tetap
maksimal 55 tahun atau belum pensiun, khusus untuk wiraswasta dan professional
pada saat jatuh tempo fasilitas pembiayaan usia maksimal 60 tahun.
Manfaat:
·
Nasabah dapat mengajukan fasilitas pembiayaan tambahan untuk
digunakan tujuan pembiayaan halal lainnya, tanpa harus menyerahkan agunan
tambahan. Dalam hal ini agunan Pembiayaan Griya BSM juga harus meng-cover
pembiayaan tambahan lainnya
·
Pembiayaan sampai dengan 100% dari nilai obyek pembiayaan
tambahan, selama total nilai plafon Pembiayaan Griya BSM dan pembiayaan
tambahan ≤ nilai likuidasi agunan, setelah dilakukan taksasi atau retaksasi
atas agunan untuk pembiayaan Griya BSM yang telah berjalan
·
Meningkatkan retensi dan loyalitas terhadap Nasabah
Pembiayaan Griya BSM yang berkualitas baik. Untuk pengajuan pembiayaan tambahan
atas penurunan outstanding Pembiayaan Griya BSM (existing), hanya
diberikan bagi Nasabah dengan kategori lancar selama 1 (satu) tahun terakhir
·
Untuk take over fasilitas PPR dari bank lain. Dengan
outstanding pokok Nasabah yang telah berkurang, calon Nasabah dapat
memindahkan fasilitas PPR-nya plus pembiayaan untuk memenuhi kebutuhannya yang
lain, seperti untuk pembelian motor, elektronik, home appliance, dan
sebagainya.
Fitur:
·
Proses permohonan yang mudah dan cepat
·
Fleksibel untuk menambah pembiayaan lain selain rumah
·
Maksimum plafon pembiayaan fleksibel selama agunan masih
mencukupi
·
Jangka waktu pembiayaan yang panjang
·
Fasilitas autodebet BSM atas gaji yang disalurkan melalui
Tabungan BSM.
Persyaratan:
·
Berstatus karyawan dengan penghasilan tetap
·
WNI cakap hukum
·
Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat jatuh
tempo pembiayaan
·
Pembiayaan dapat ditambah hingga 100% dari harga taksasi
agunan yang diikat
·
Memiliki fasilitas payroll (pembayaran gaji) melalui
BSM
·
Nasabah di-cover oleh asuransi jiwa pembiayaan plus
PHK.
Dokumen
yang diperlukan:
·
Fotokopi KTP pemohon
·
Fotokopi Kartu Keluarga
·
Fotokopi Surat Nikah (bila sudah menikah)
·
Asli slip Gaji &Surat Keterangan Kerja
·
Fotokopi Tabungan/Rekening Koran 3 bulan terakhir
·
Fotokopi NPWP untuk pembiayaan di atas Rp50 juta
·
Fotokopi rekening telepon dan listrik
·
Fotokopi SHM/SHGB
·
Fotokopi IMB dan Denah Bangunan
·
Asli surat persetujuan dan kuasa Nasabah untuk pemotongan
gaji
Pembiayaan
Kepada Koperasi Karyawan untuk Para Anggotanya
penyaluran
pembiayaan kepada/melalui koperasi karyawan untuk pemenuhan kebutuhan para
anggotanya (kolektif) yang mengajukan pembiayaan melalui koperasi karyawan.
Syarat:
·
Koperasi karyawan dari lembaga pemerintahan, BUMN/BUMD,
perusahaan multinasional, perusahaan besar yang telah masuk bursa/go publik,
atau perusahaan swasta yang bonafide
·
Kopkar bertindak sebagai avalist penuh atas
penyaluran pembiayaan Bank kepada anggota Kopkar (Nasabah)
·
Perusahaan tempat Kopkar bernaung telah beroperasi/ berjalan
minimal 5 (lima) tahun
·
Kopkar telah memiliki laporan keuangan yang tersusun dengan
baik dan wajar, minimal untuk periode 2 tahun terakhir dan profit.
Manfaat:
·
Outsourcing sumber dana dan administrasi pinjaman
·
Koperasi dapat memperoleh bagi hasil dari angsuran yang
dibayar nasabah
·
Dana koperasi yang selama ini digunakan untuk pinjaman
kepada anggota, dapat dialihkan untuk pengembangan unit usaha produktif yang
lain.
PRODUK JASA
A. BSM Card
BSM Card merupakan sarana untuk
melakukan transaksi penarikan, pembayaran, dan pemindahbukuan dana pada ATM
BSM, ATM Mandiri, jaringan ATM Prima-BCA dan ATM Bersama, serta ATM Bankcard. BSM
Card juga berfungsi sebagai kartu Debit yang dapat digunakan untuk transaksi
belanja di seluruh merchant yang menggunakan EDC Prima-BCA.
 :
 :
Ragam Layanan:
·
Kemudahan tarik tunai di seluruh jaringan ATM BSM, ATM
Mandiri, ATM Prima-BCA, ATM Bersama dan ATM Bankcard
·
Kemudahan berbelanja di lebih dari 20.000 merchant yang
menggunakan EDC Prima-BCA
·
Pemindahbukuan antar rekening BSM
·
Transfer uang antar bank secara real time melalui
jaringan ATM Bersama dan Prima BCA
·
Pembayaran tagihan ponsel, Telkom, PLN dan IM2 di ATM BSM
·
Pembayaran zakat dan infaq di ATM BSM dan ATM Mandiri
·
Layanan informasi saldo dan penggantian PIN.
Peruntukan: Perorangan.
Syarat:
·
Memiliki rekening Tabungan atau Giro di BSM
·
Mengisi formulir kartu ATM.
Untuk proses yang lebih cepat
nasabah dapat memperoleh Kartu ATM INSTANT.
Meskipun ATM ini merupakan produk
kerjasama dengan bank konvensional, nasabah tidak perlu cemas akan terkena
pengaruh bunga (riba), karena PT Bank Syariah Mandiri telah mengatur
kerjasama dengan PT Bank Mandiri untuk menyediakan dana yang mencukupi dan
tidak mengambil bunga atau jasa giro dari penempatan cadangan dana di PT Bank
Mandiri.
PT Bank Syariah Mandiri memberikan
fasilitas kemudahan dalam membantu nasabah mencari lokasi jaringan ATM yang
terdekat. Sehingga nasabah dapat melihat lokasi jaringan ATM yang tersedia di
seluruh Indonesia.
B. BSM RTGS (Real Time Gross
Settlement)
Jasa transfer uang valuta rupiah
antar bank baik dalam satu kota maupun dalam kota yang berbeda secara real
time. Hasil transfer ekfektif dalam hitungan menit.
Karakteristik:
·
Dapat dilakukan di seluruh cabang Bank Syariah Mandiri
·
Pengiriman hanya dalam bentuk mata uang rupiah
·
Batas waktu transfer sesuai waktu yang ditentukan Bank
Syariah Mandiri.
Manfaat:
·
Memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi bisnis
khususnya dalam hal transaksi keuangan sehingga kredibiltas nasabah dapat terjamin
·
Dana yang ditransfer nasabah dalam hitungan menit dapat
diterima di bank tujuan dengan aman dan mudah
·
Tidak perlu membawa uang tunai untuk menyelesaikan transaksi
bisnis.
Peruntukkan:
1. Perorangan
2. Badan Usaha/badan hukum.
Syarat:
A. Mengisi slip transfer
B. Dikenakan biaya RTGS sesuai
ketentuan Bank Syariah Mandiri.
C.
D. BSM SMS Banking
BSM SMS Banking merupakan produk
layanan perbankan berbasis teknologi seluler yang memberikan kemudahan
melakukan berbagai transaksi perbankan.
Manfaat:
·
Transaksi kapan dan dimana saja
·
Pendaftaran gratis di seluruh cabang BSM
·
Biaya transaksi murah.
Jenis Layanan
·
Informasi
·
Inquiry saldo
·
Informasi seluruh tagihan
·
Informasi jumlah tagihan Telkom
·
Informasi jumlah tagihan IM3
·
Informasi jumlah tagihan Matrix
·
Informasi daftar rekening sendiri
·
Informasi daftar rekening tujuan
·
Bantuan perintah layanan.
Transaksi
·
Transfer antar rekening sendiri di BSM
·
Transfer ke rekening tujuan di BSM
·
Pembayaran tagihan Telkom
·
Pembayaran tagihan IM3
·
Pembayaran tagihan Matrix
·
Pembayaran zakat
·
Perubahan PIN
·
Isi ulang Simpati denominasi 50.000 dan 100.000
·
Isi ulang As denominasi 50.000 dan 100.000.
Peruntukkan: Perorangan
Syarat:
·
Memiliki rekening di BSM
·
Mengisi formulir SMS Banking
·
Saldo minimum rekening Rp100.000
·
Provider seluler:
- Indosat: Matrix, IM3, Mentari
- Telkomsel: Kartu HALO, Simpati dan As
- Excelcomindo: Xplor, Bebas, Jempol.
Biaya-biaya:
Provider
|
Baru (Rp)
|
|||
M.O
|
M.T
|
Debet Rekening
|
||
Pra
|
Pasca
|
Kode Akses
|
||
Indosat
Transaksi Informasi |
350
350 |
300
300 |
500
500 |
Rp500
|
Telkomsel
Transaksi Informasi |
350
350 |
250
250 |
500
500 |
Rp500
|
Exelcomindo
Transaksi Informasi |
350
350 |
250
250 |
500
500 |
Rp500
|
Kode Transaksi
No.
|
Jenis Transaksi
|
Command
|
Contoh
|
1
|
Cek
saldo
|
SAL
PIN
|
SAL
01 1234
|
2
|
Informasi
seluruh daftar tagihan
|
INF
ALL PIN
|
INF
ALL 1234
|
3
|
Informasi
jumlah tagihan Telkom
|
INF
TEL PIN
|
INF
TEL01 1234
|
4
|
Informasi
jumlah tagihan IM3
|
INF
IM3 PIN
|
INF
IM301 1235
|
5
|
Informasi
jumlah tagihan Matrix
|
INF
SAT PIN
|
INF
SAT01 1236
|
6
|
Informasi
daftar rekening sendiri
|
DRS
ALL PIN
|
DRS
ALL 1234
|
7
|
Informasi
data rekening sendiri
|
DRS
PIN
|
DRS
01 1234
|
8
|
Informasi
daftar rekening tujuan
|
DRT
ALL PIN
|
DRT
ALL 1234
|
9
|
Informasi
data rekening tujuan
|
DRT
PIN
|
DRT
01 1234
|
10
|
Bantuan
daftar perintah layanan SMS Banking
|
HLP
PIN
|
HLP
1234
|
11
|
Transfer
antar rekening sendiri di BSM
|
TRS
PIN
|
TRS
01 02 10000 1234
|
12
|
Transfer
ke rekening tujuan di BSM
|
TRS
PIN
|
TRS
01 01 10000 1235
|
13
|
Pembayaran
tagihan Telkom
|
BYR
TEL PIN
|
BYR
TEL01 01 25000 1234
|
14
|
Pembayaran
tagihan IM3
|
BYR
IM3 PIN
|
BYR
IM301 01 25000 1234
|
15
|
Pembayaran
tagihan Matrix
|
BYR
SAT PIN
|
BYR
SAT01 01 25000 1234
|
16
|
Pembayaran
zakat
|
BYR
ZKT PIN
|
BYR
ZKT01 01 50000 1234
|
17
|
Perubahan
PIN
|
PIN
|
PIN
1234 5678 5678
|
Keterangan:
Product: jenis tagihan (Telkom/IM3/Matrix)
Product: jenis tagihan (Telkom/IM3/Matrix)
x: Index/nomor urut rekening sendiri
y: Index/nomor urut rekening tujuan
tl: Nomor urut telpon yang
didaftarkan
m3: Nomor urut IM3 yang didaftarkan
mx: Nomor urut Matrix yang
didaftarkan
zt: Nomor urut lembaga zakat yang
didaftarkan Rp: Nominal
Menu Navigasi BSM SMS Banking.
Kini layanan BSM SMS Banking telah
dilengkapi dengan fasilitas menu navigasi. Nasabah tidak perlu menulis kode
perintah SMS Banking. Fasilitas ini dapat diunduh (download) di sini dengan menggunakan kabel data, bluetooth
atau infra red sesuai merk ponsel Anda atau dengan menggunakan
fasilitas GPRS. Pastikan ponsel Anda telah tersedia fasilitas GPRS
dan kartu seluler Anda telah diaktifkan fasilitas GPRSnya. Untuk
langsung mengunduh dari ponsel Anda buka berikut ini:
C. BSM Kliring
Penagihan warkat bank lain di
mana lokasi bank tertariknya berada dalam satu wilayah kliring.
Karakteristik:
·
Hasil kliring dikreditkan ke rekening nasabah atau
ditransfer ke rekening nasabah di bank lain
·
Valuta rupiah
·
Bank hanya penerima amanat dan mewakili (wakalah)
nasabah, bila warkat tersebut ditolak bank tertarik, maka Bank Syariah
Mandiri tidak bertanggung jawab.
Manfaat:
·
Aman, nasabah dapat menerima pembayaran berupa warkat
dari client-nya tanpa harus menggunakan uang cash
·
Nasabah tidak perlu melakukan penagihan sendiri.
Peruntukkan:
·
Perorangan
·
Badan Usaha/badan hukum.
Syarat:
- Memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri
- Mengisi slip setoran
- Dikenakan biaya kliring BSM sesuai ketentuan Bank Syariah Mandiri.
D. BSM Inkaso
Penagihan warkat bank lain di mana
bank tertariknya berbeda wilayah kliring atau berada di luar negeri, hasilnya
penagihan akan dikredit ke rekening nasabah.
Karakteristik:
·
Nasabah harus memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri
·
Mata uang rupiah atau valuta asing lainnya (USD, SGD)
·
Hasil inkaso BSM dikreditkan ke rekening nasabah atau
ditransfer ke rekening nasabah di bank lain
·
Bank hanya penerima amanat dan mewakili (wakalah)
nasabah, bila terjadi kesalahan/keterlambatan hasil inkaso BSM, maka Bank
Syariah Mandiri tidak bertanggung jawab.
Manfaat:
·
Nasabah dapat menerima pembayaran warkat dari seluruh
wilayah Indonesia dan dari negara tertentu sesuai ketentuan Bank Syariah
Mandiri
·
Nasabah tidak perlu melakukan penagihan sendiri.
Peruntukkan:
1. Perorangan
2. Badan Usaha/badan hukum.
Syarat:
1. Memiliki rekening di Bank Syariah
Mandiri
2. Mengisi slip inkaso BSM
3. Biaya inkaso rupiah Rp10.000,- +
biaya koresponden
4. Biaya inkaso luar negeri lihat SE
tarif Devisa.
E. BSM Intercity Clearing
Jasa penagihan warkat
(cek/bilyet giro valuta rupiah) bank di luar wilayah kliring dengan cepat
sehingga nasabah dapat menerima danan hasil tagihan cek atau bilyet giro
tersebut pada keesokan harinya.
Karakteristik:
·
Media penarikan berasal dari cek atau bilyet giro dari bank
lain
·
Dapat dilakukan di seluruh cabang Bank Syariah Mandiri
·
Fasilitas ini hanya dapat dilaksanakan dengan bank yang
telah memiliki jasa yang sama.
Manfaat:
·
Menghindari terganggunya cash flow
·
Waktu pencairan dana relatif singkat.
Peruntukkan:
- Perorangan
- Badan Usaha/badan hukum.
Syarat:
·
Memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri
·
Memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri
·
Mengisi slip setoran
·
Dikenakan biaya intercity clearing sesuai ketentuan
Bank Syariah Mandiri.
Perbandingan
Antar Bank
Perbandingan
antar bank yang kami ambil adalah mengenai produk bank, dalam hal ini pada
dasarnya semua produk bank adalah sama.
Namun yang membedakan adalah fiture setiap bank yang
memiliki keunggulan produk tersendiri.
Keunggulan produk bank yaitu dengan kita dapat melakukan transaksi
dengan cepat. Tidak semua bank disebut Bank Devisa, hal ini dikarenakan tidak
semua bank mampu mencukupi prosedur kelengkapan perbankkan.
Setiap bank mempunyai
pelayanan dan cara tersendiri untuk meningkatkan kualitas bank
masing-masing sehingga mempunyai budaya bank
yang berbeda.
Produk dari
masing-masing bank sangatlah berbeda,karena ini merupakan suatu terobosan bagi
pihak bank untuk bisa menarik minat nasabah untuk menginvestasikan assetnya
agar tidak terlalu membosankan,sehingga berbagai jenis produk pu n diadakan
dengan fungsi yang beranekaragam.
No comments:
Post a Comment