Followers

Saturday, 2 January 2016

PEMASARAN II KUIS




TUGAS QUIZ  III MATA KULIAH
MANAJEMEN PEMASARAN II
DosenPengampu :
H. M.A WihermanaRustaman, S.E, M.Si


                                                                                                           
DI SUSUN OLEH :
                                     NAMA     : ANANG KUSMAWAN
                                         NPM          : 1210002
                                         PRODI      : MAJAMENEN IVB



SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI LATIFAH MUBAROKIYAH
PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA

2014/2015



QUIS III PEMASARAN II
1)      Apakah sistem saluran pemasaran dan jaringan nilai?
Jawaban :
Jaringan Nilai ( Value Network ) adalah ssebuah sistem kemitraan dan aliansi yang diciptakan perusahaan untuk menyediakan, menambah, dan menghantarkan penawarannya
Sistem Saluran Pemasaran ( Marketing Channels ) : Merupakan perangkat saluran pemasaran khusus yang digunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi – organisasi yang saling tergantung yang tercakup dalam proses yang membuat produk atau jasa menjadi tersedia untuk digunakan/dikonsumsi.
2)      Apa pekerjaan yang dilaksanakan saluran pemasaran?
Jawaban :
Tugasnya adalah memindahkan barang dari produsen ke konsumen. Dan memiliki fungsi sebagai fungsi informasi, komunikasi, negosiasi, pemesanan, keuangan, pembiayaan, pengambilan risiko, kepemilikan(distribusi) fisik, pembayaran, transfer dan hak milik dari barang dan jasa yang diinginkan.
3)      Bagaimana seharusnya saluran itu dirancang?
Jawaban :
Dengan cara :
v  Menganalisis Kebutuhan Konsumen atau Tingkat Output Jasa yang Dibutuhkan Konsumen, Sehingga Saluran Pemasaran Menghasilkan 5 Output Jasa, yaitu :
Ø  Ukuran Lot, yaitu jumlah unit yang diijinkan saluran untuk dibeli oleh pelanggan umum dalam satu peristiwa.
Ø  Waktu tunggu dan waktu pengiriman, yaitu rata-rata waktu tunggu pelanggan saluran untuk menerima barang.
Ø   Kenyamanan Spasial, yaitu tingkat dimana saluran pemasaran membuat konsumen lebih mudah membeli produk.
Ø  Keragaman Produk, yaitu tingkat dimana saluran pemasaran membuat konsumen lebih mudah membeli produk.
Ø  Keragaman Produk, yaitu rentang pilihan yang disediakan oleh saluran pemasaran.
Ø  Dukungan Layanan, yaitu jasa tambahan ( kredit, pengiriman, instalasi, perbaikan ) yang disediakan oleh saluran.
v  Menetukan Tujuan dan Hambatan
Ø  Pemasar harus menyatakan tujuan saluran mereka berdasarkan tingkat hasil jasa yang ditargetkan. Tujuan saluran bervariasi tergantung pada karakteristik produk.
v  Mengidentifikasi dan Mengevaluasi Alternatif Saluran Utama
Ø  Perusahaan dapat menggunakan alternatif saluran melalui 3 elemen, diantaranya :
a)      Jenis – jenis Perantara, yaitu perusahaan harus mengidentifikasi jenis – jenis perantara yang tersedia untuk melakukan pekerjaan salurannya.
b)      Jumlah Perantara, yaitu perusahaan harus memutuskan jumlah perantara yang akan digunakan pada setiap tingkat saluran.
c)      Syarat dan Tanggung Jawab Anggota Saluran, yaitu setiap anggota saluran harus diperlakukan dengan hormat dan memberikan peluang bagi saluran tersebut untuk menghasilkan keuntungan.
Ø  Mengevaluasi Alternatif Utama, masing – masing alternatif saluran perlu dievaluasi terhadap kriteria ekonomi, kriteria kendali, dan kriteria adaptif.
4)      Apa keputusan yang dihadapi perusahaan dalam mengelola saluran mereka?
Jawaban :
v  Memilih Anggota Saluran
v  Melatih dan Memotivasi Anggota Saluran
v  Mengevaluasi Anggota Saluran
v  Memodifikasi Rancangan dan Pengaturan Salur
5)      Bagaimana perusahaan harus mengintegrasikan saluran dan mengelola konflik saluran?
Jawaban :
Yaitu :
v  Perusahaan akan mengintegrasikan saluran dengan cara perusahaan membuat pemasaran multi saluran ( Multichannel Marketing ), artinya perusahaan menggunakan dua atau lebih saluran pemasaran untuk menjangkau satu atau lebih segmen pelanggan.
v  Pengelolaan konflik saluran yang efektif :
v  Penggunaan sasaran yang paling tepat, yaitu anggota – anggota saluran mencapai kesepakatan tentang tujuan mendasar yang dicari bersama, apakah itu kelangsungan hidup, pangsa pasar, mutu yang tinggi, atau kepuasan pelanggan.
v  Saling menukar orang – orang antara dua atau lebih tingkat saluran.
v  Dengan cara kooptasi, yaitu upaya dari salah satu organisasi untuk memperoleh dukungan pemimpin organisasi lainnya dengan menyertakan mereka dalam dewan penasehat, dewan direksi dan sejenisnya.
v  Mendorong keanggotaan bersama di dalam dan diantara perhimpunan-perhimpunan perdagangan.
v  Dengan Diplomasi, yaitu masing – masing pihak mengirimkan seseorang atau sekelompok orang untuk bertemu dengan pihak lawan untuk menyelesaikan konflik.
v  Mediasi, artinya memilih pihak ketiga yang netral dan memiliki keahlian yang dapat mendamaikan kepentingan kedua belah pihak.
v  Arbitrasi, yaitu dua pihak setuju memaparkan permasalahan mereka kepada satu atau lebih arbitrator dan menerima keputusan arbitrator.



6)      Apa itu kunci dalam e-commerce?
Jawaban :
v  Interaksi pelanggan dengan situs Web
v  Pengiriman produk
v  Kemampuan mengatasi masalah ketika masalah itu terjadi
7)      Perantara pemasaran jenis utama apa yang menempati sektor ini?
Jawaban :
Bentuk saluran pemasaran yang digunakan oleh pemasar mulai dari pabrik hingga sampai ke tangan konsumen. Bentuk pemasaran yang dilakukan oleh prusahaan ini adalah pemasaran langsung yaitu sebagai berikut:
Bentuk-bentuk Pemasaran Langsung.
v  Pemasaran tatap muka.
v  Pemasaran jarak jauh.
v  Pemasaran melalui surat langsung ( faks, e-mail, voice mail )
v  Pemasaran melalui katalog ( mrpkan Pemasaran Langsung melalui
v  katalog cetak, video, elektronik yang dikirim kepada pelangan pilihan; disediakan di took / dipresentasikan secara online.
Dalam hal ini pemasar berkerja sama dengan agen pulsa, sedangkan agen pulsa itu sendiri bekerja sama dengan profider/operator missal Telkomsel, Indosat, XL, 3, Axis, Im3, dll,.. sehingga agen pulsa pada umumnya bisa melayani semua jenis pulsa bahkan voucer game onlinedan juga dan tagihan ataupun voucer PLN.
Untuk jalur prosesnya adalah, agen pulsa merekrut sebanyak mungkin penjual pulsa/counter, dan Untuk pembayaran atau pembelian deposit bagi Counter/penjual pulsa bisa dilakukan secara langsung dengan cara datang ke dealer agen, atau dengan cara transfer ataupun via internet (online), untuk selanjutnya di jual kepada konsumen ahir, sesua dengan nominal dan jenis pulsa yang konsumen butuhkan.

8)      Keputusan pemasaran apa yang dibuat perantara pemasaran ini?
Jawaban :
Peran perantara dalam saluran pemasaran yang digunakan oleh pemasar
Dalam hal ini peran perantara sangat berpengaruh besar, dalam prakteknya semua perantara dalam kegiatan pemasaran produk ini memiliki pengaruh, dan harus berkaitan dan saling sinergi antara Agen, Kouter, dan konsumen.
v  Agen : Memiliki peran merekrut serta menyalurkan kepada Counter-Counter untuk dijual langsung kepada konsumen.
v  Counter : Memiliki Peran besar yaitu, menyampaika, atau menjual langsung kepada konsumen ahir.
Konsumen:
Pengguna, dari produk jasa ini.
·         Peran apa yang dimainkan oleh perantara: Dalam kegiatan pemasaran ini perantara berfungsi sebagai penyalur kepada Counter-Conter serta kepada konsumen langsung.

9)      Apa tren utama pada perantara pemasaran ini?
Jawaban :
Alternatif saluran brikut bisa muncul: 
v  Tenaga penjualan perusahaan: memperluas tenaga penjualan langsung perusahaan. Menambah operasi telesales dalam di mana wiraniaga telepon menangani perusahaan ukuran kecil atau menengah. 
v  Agen produsen : memperkerjakan agen produsen perusahaan independen yang wiraniaganya menangani produk yang berhubungan dari banyak perusahaan di wilayah atau industri berbeda untuk menjual peralatan uji baru tersebut. 
v  Distributor industri : mencari distributor di wilayah atau industri berbeda yang akan membeli dan menjual lini baru tersebut. Memberi mereka distribusi eksklusif, marjin yang baik, pelatihan produk, dan dukungan promosi. 

Jumlah Perantara Pemasaran 
Ada tiga strategi yang tersedia: distribusi intensif, distribusi eksklusif, dan distribusi selektif. Produsen produk kelontong dan bahan baku umum menggunakan distribusi intensif (intensive distribution) yaitu dengan menyimpan produk di sebanyak mungkin toko. Bentuk ekstrem praktek distribusi eksklusif (exclusive distribution) yaitu memberikan hak eksklusif kepada sejumlah penyalur yang terbatas untuk mendistribusikan produk perusahaan di wilayah mereka. Antara kedua distribusi diatas, terdapat distribusi selektif (selective distribution) yaitu penggunaan lebih dari satu, tetapi lebih sedikit dari semuanya, perantara yang bersedia menjual produk perusahaan.  




NILAI : 90

No comments:

Post a Comment