TUGAS QUIZ III MATA KULIAH
MANAJEMEN PEMASARAN II
DosenPengampu :
H. M.A
WihermanaRustaman, S.E, M.Si
DI SUSUN OLEH :
NAMA : ANANG KUSMAWAN
NPM :
1210002
PRODI
: MAJAMENEN IVB
SEKOLAH TINGGI ILMU
EKONOMI LATIFAH MUBAROKIYAH
PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA
2014/2015
QUIS
III PEMASARAN II
1)
Apakah sistem saluran
pemasaran dan jaringan nilai?
Jawaban :
Jaringan Nilai ( Value Network ) adalah ssebuah sistem kemitraan dan
aliansi yang diciptakan perusahaan untuk menyediakan, menambah, dan
menghantarkan penawarannya
Sistem Saluran Pemasaran ( Marketing Channels ) : Merupakan perangkat saluran
pemasaran khusus yang digunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi –
organisasi yang saling tergantung yang tercakup dalam proses yang membuat
produk atau jasa menjadi tersedia untuk digunakan/dikonsumsi.
2)
Apa pekerjaan yang
dilaksanakan saluran pemasaran?
Jawaban :
Tugasnya adalah memindahkan barang dari produsen ke
konsumen. Dan memiliki fungsi sebagai fungsi informasi, komunikasi, negosiasi,
pemesanan, keuangan, pembiayaan, pengambilan risiko, kepemilikan(distribusi)
fisik, pembayaran, transfer dan hak milik dari barang dan jasa yang diinginkan.
3)
Bagaimana seharusnya
saluran itu dirancang?
Jawaban :
Dengan cara :
v
Menganalisis Kebutuhan Konsumen
atau Tingkat Output Jasa yang Dibutuhkan Konsumen, Sehingga Saluran Pemasaran
Menghasilkan 5 Output Jasa, yaitu :
Ø
Ukuran Lot, yaitu jumlah unit yang
diijinkan saluran untuk dibeli oleh pelanggan umum dalam satu peristiwa.
Ø
Waktu tunggu dan waktu pengiriman,
yaitu rata-rata waktu tunggu pelanggan saluran untuk menerima barang.
Ø
Kenyamanan Spasial, yaitu tingkat dimana
saluran pemasaran membuat konsumen lebih mudah membeli produk.
Ø
Keragaman Produk, yaitu tingkat
dimana saluran pemasaran membuat konsumen lebih mudah membeli produk.
Ø
Keragaman Produk, yaitu rentang
pilihan yang disediakan oleh saluran pemasaran.
Ø
Dukungan Layanan, yaitu jasa
tambahan ( kredit, pengiriman, instalasi, perbaikan ) yang disediakan oleh
saluran.
v
Menetukan Tujuan dan Hambatan
Ø
Pemasar harus menyatakan tujuan
saluran mereka berdasarkan tingkat hasil jasa yang ditargetkan. Tujuan saluran
bervariasi tergantung pada karakteristik produk.
v
Mengidentifikasi dan
Mengevaluasi Alternatif Saluran Utama
Ø
Perusahaan dapat menggunakan
alternatif saluran melalui 3 elemen, diantaranya :
a)
Jenis – jenis Perantara, yaitu
perusahaan harus mengidentifikasi jenis – jenis perantara yang tersedia untuk
melakukan pekerjaan salurannya.
b)
Jumlah Perantara, yaitu
perusahaan harus memutuskan jumlah perantara yang akan digunakan pada setiap
tingkat saluran.
c)
Syarat dan Tanggung Jawab Anggota
Saluran, yaitu setiap anggota saluran harus diperlakukan
dengan hormat dan memberikan peluang bagi saluran tersebut untuk menghasilkan
keuntungan.
Ø
Mengevaluasi Alternatif Utama,
masing – masing alternatif saluran perlu dievaluasi terhadap kriteria ekonomi,
kriteria kendali, dan kriteria adaptif.
4)
Apa keputusan yang dihadapi
perusahaan dalam mengelola saluran mereka?
Jawaban :
v Memilih
Anggota Saluran
v Melatih dan
Memotivasi Anggota Saluran
v Mengevaluasi
Anggota Saluran
v Memodifikasi
Rancangan dan Pengaturan Salur
5)
Bagaimana perusahaan harus
mengintegrasikan saluran dan mengelola konflik saluran?
Jawaban :
Yaitu :
v
Perusahaan akan mengintegrasikan
saluran dengan cara perusahaan membuat pemasaran multi saluran ( Multichannel
Marketing ), artinya perusahaan menggunakan dua atau lebih saluran pemasaran
untuk menjangkau satu atau lebih segmen pelanggan.
v
Pengelolaan konflik saluran yang
efektif :
v
Penggunaan sasaran yang paling
tepat, yaitu anggota – anggota saluran mencapai kesepakatan tentang tujuan
mendasar yang dicari bersama, apakah itu kelangsungan hidup, pangsa pasar, mutu
yang tinggi, atau kepuasan pelanggan.
v
Saling menukar orang – orang
antara dua atau lebih tingkat saluran.
v
Dengan cara kooptasi, yaitu
upaya dari salah satu organisasi untuk memperoleh dukungan pemimpin organisasi
lainnya dengan menyertakan mereka dalam dewan penasehat, dewan direksi dan
sejenisnya.
v
Mendorong keanggotaan bersama di
dalam dan diantara perhimpunan-perhimpunan perdagangan.
v
Dengan Diplomasi, yaitu
masing – masing pihak mengirimkan seseorang atau sekelompok orang untuk bertemu
dengan pihak lawan untuk menyelesaikan konflik.
v
Mediasi, artinya memilih pihak
ketiga yang netral dan memiliki keahlian yang dapat mendamaikan kepentingan
kedua belah pihak.
v
Arbitrasi, yaitu dua pihak setuju
memaparkan permasalahan mereka kepada satu atau lebih arbitrator dan menerima
keputusan arbitrator.
6)
Apa itu kunci dalam
e-commerce?
Jawaban :
v Interaksi pelanggan dengan situs Web
v Pengiriman produk
v Kemampuan mengatasi masalah ketika masalah itu terjadi
7)
Perantara pemasaran jenis
utama apa yang menempati sektor ini?
Jawaban :
Bentuk saluran pemasaran yang digunakan oleh pemasar mulai
dari pabrik hingga sampai ke tangan konsumen. Bentuk pemasaran yang dilakukan
oleh prusahaan ini adalah pemasaran langsung yaitu sebagai berikut:
Bentuk-bentuk Pemasaran Langsung.
v
Pemasaran tatap muka.
v
Pemasaran jarak jauh.
v
Pemasaran melalui surat langsung (
faks, e-mail, voice mail )
v
Pemasaran melalui katalog ( mrpkan
Pemasaran Langsung melalui
v
katalog cetak, video, elektronik
yang dikirim kepada pelangan pilihan; disediakan di took / dipresentasikan
secara online.
Dalam hal ini pemasar berkerja sama dengan agen pulsa,
sedangkan agen pulsa itu sendiri bekerja sama dengan profider/operator missal Telkomsel, Indosat, XL, 3, Axis, Im3,
dll,.. sehingga agen pulsa pada umumnya bisa melayani semua jenis pulsa bahkan
voucer game onlinedan juga dan tagihan ataupun voucer PLN.
Untuk jalur prosesnya adalah, agen pulsa merekrut sebanyak
mungkin penjual pulsa/counter, dan Untuk pembayaran atau pembelian deposit bagi Counter/penjual pulsa bisa dilakukan secara
langsung dengan cara datang ke dealer agen, atau dengan cara transfer ataupun
via internet (online), untuk selanjutnya di jual kepada konsumen ahir, sesua
dengan nominal dan jenis pulsa yang konsumen butuhkan.
8)
Keputusan pemasaran apa
yang dibuat perantara pemasaran ini?
Jawaban :
Peran perantara
dalam saluran pemasaran yang digunakan oleh pemasar
Dalam hal ini peran perantara sangat berpengaruh besar, dalam prakteknya semua perantara dalam kegiatan pemasaran produk ini memiliki pengaruh, dan harus berkaitan dan saling sinergi antara Agen, Kouter, dan konsumen.
Dalam hal ini peran perantara sangat berpengaruh besar, dalam prakteknya semua perantara dalam kegiatan pemasaran produk ini memiliki pengaruh, dan harus berkaitan dan saling sinergi antara Agen, Kouter, dan konsumen.
v Agen : Memiliki peran merekrut serta menyalurkan kepada Counter-Counter
untuk dijual langsung kepada konsumen.
v Counter : Memiliki Peran besar yaitu, menyampaika, atau menjual
langsung kepada konsumen ahir.
Konsumen:
Pengguna, dari produk jasa ini.
Konsumen:
Pengguna, dari produk jasa ini.
·
Peran apa yang dimainkan oleh
perantara: Dalam kegiatan pemasaran ini perantara berfungsi sebagai penyalur
kepada Counter-Conter serta kepada konsumen langsung.
9)
Apa tren utama pada
perantara pemasaran ini?
Jawaban :
Alternatif saluran brikut bisa muncul:
v
Tenaga penjualan perusahaan:
memperluas tenaga penjualan langsung perusahaan. Menambah operasi telesales
dalam di mana wiraniaga telepon menangani perusahaan ukuran kecil atau
menengah.
v
Agen produsen : memperkerjakan agen
produsen perusahaan independen yang wiraniaganya menangani produk yang
berhubungan dari banyak perusahaan di wilayah atau industri berbeda untuk
menjual peralatan uji baru tersebut.
v
Distributor industri : mencari
distributor di wilayah atau industri berbeda yang akan membeli dan menjual lini
baru tersebut. Memberi mereka distribusi eksklusif, marjin yang baik, pelatihan
produk, dan dukungan promosi.
Jumlah
Perantara Pemasaran
Ada tiga
strategi yang tersedia: distribusi intensif, distribusi eksklusif, dan
distribusi selektif. Produsen produk kelontong dan bahan baku umum menggunakan
distribusi intensif (intensive distribution) yaitu dengan menyimpan produk di
sebanyak mungkin toko. Bentuk ekstrem praktek distribusi eksklusif (exclusive
distribution) yaitu memberikan hak eksklusif kepada sejumlah penyalur yang
terbatas untuk mendistribusikan produk perusahaan di wilayah mereka. Antara
kedua distribusi diatas, terdapat distribusi selektif (selective distribution)
yaitu penggunaan lebih dari satu, tetapi lebih sedikit dari semuanya, perantara
yang bersedia menjual produk perusahaan.
NILAI : 90
No comments:
Post a Comment