Tugas
Quis VI
Diajukan
Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Pembelajaran
Mata
Kuliah Pengantar Bisnis
Oleh : ANANG
Npm: 1210002
Dosen
Pengampu :
HMA.
Wihermana Rusmanan, SE.,MSI
PROGRAM
STUDY MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
STIE LATIFAH MUBAROKIYAH
2012/2013
FAKULTAS EKONOMI
STIE LATIFAH MUBAROKIYAH
2012/2013
SOAL DAN JAWABAN
1. Dalam
rangka menjalankan aktivitasnya toko ritel perlu memberikan layanan tambahan.
Apa saja layanan tambahan yang bisa diberikan dan apa tujuan memberikan layanan
tambahan tersebut ?
Jawaban :
Tujuan memberikan
layanan Berupaya memuaskan kebutuhan konsumen dengan mencari kesesuaian
antara barang –barang yang di milikinya dengan harga,tempat dan waktu yang di
inginkan pelanggan .
2. Apa tujuan komponen bauran ritel dan ritel mix
yang membutuhkan perhtian detail menurut levy dan weiz dalam bukunya retailing
management. Apa saja ke tujuh komponen tersebut ?
Jawaban :
v Manajemen lokasi
v Manajemen garga
v Manajemen stok barang
v
Manajemen jasa
v
Manajemen desain
dan layout
v
Manajemen suasana
v
Manajemen
komunikasi
3. Saat
ini telah banyak berkembang ritel dengan format-format baru. Apa saja jenis
format yang anda ketahui ?
Jawaban :
jenis ritel baru yang saya
ketahui adalah:
·
Super market
·
Mini market
·
Hy permarket
·
Alfamini market
·
Giant
·
Carrefour
·
Walt mart
·
Letto mart
4. Ada
ritel yang dilakukan di luar toko (non store) jelaskan apa maksudnya dan
berikan contohnya ?
Jawaban :
Maksutnya toko non stoer sama jawabannya dengan nomer 1 yaitu
berupaya memuaskan kebutuhan konsumen dengan mencari kesesuaian antara
barang-barang yang di milikilnya dengan harga ,tempat dan waktu yang di
inginkan pelanggan dan untuk keperluan kosumsi pribadi maupun bersama.
Contoh :
v Jasa layanan antar
v Direct sales
v Toko online
v Vending machin retailing
5. Menurut
anda apa kelebihan dan kekurangannya membuka toko dengan membeli waralaba ?
Jawaban :
§ kelebihan membuka toko
dengan membeli wara laba:
Ø kesiapan pengelolaan dalam semua aspek menejement/menegement setrategi
ritel yang baik, dan semua itu telah di uji coba sebelumnya maka dari itu
siap untuk didirikan ,di pasarkan di tempat-tempat yang baru sehingga
nantinya mendapatkan keuntungan yang lebih besar .
Ø populeritas nama-nama toko waralaba ini sudah di kenal oleh konsumen
dengan begitu pembeli toko waralaba ini tidak harus bersusah payah mencari dan
memperkenalkan bisnis yang ia kelola dan otomatis toko –toko ini kemungkinan
besar banyak di kunjungi pelanggan.
Ø Biasanya para investor lebih suka untuk memberikan modalnya pada bisnis
yang telah kokoh dan keamanan terjamin.
§ Salah
satu kekurangan membuka toko dengan membeli waralaba :
Ø salah satu kekurangan dari bisnis waralaba adalah semua system telah di
tentukan oleh pemilik waralaba utama sehingga si investor /pembeli tidak bias
mengendalikan secara utuh kepada bisnisnya sendiri ,dan keterbatasan untuk
mewujudkan ide-ide kreatifnya di karnakan adanya perjanjian-perjanjian khusus.
Ø Otomatis barang –barang yang ia butuhkan dalam bisnisnya ,pembeli waralaba
sudah di tentukan oleh pemilik waralaba utama maka dengan itu si investor
tidak bisa memodali bisnisnya dengan modal yang lebih kecil karna tidak
bisa membeli bahan baku yang lebih murah.
Ø Karna toko-toko waralaba ini di bawah naungan kendali seseorang bukan
sebagai milik pribadi sudah tentu hasilnya tidak bisa di miliki secara utuh.
Ø Ketergantungan namabaik waralaba terhadap waralaba lain ,jika waralaba yang
lain melakukan kesalahan yang bisa merusak citra harum nama perusahaan maka
milik kita juga ikut terpengaruhi.
6. Jelaskan
manfaat utama dan analisis rasio bagi perusahaan ?
Jawaban :
Analisis
rasio meyediakan informasi bagi perusahaan mengenai posisi keuangannya di
area-area penting dibandingkan dengan perusahaan sejenis di industrinya dan
kinerja masa lalunya.
7. Apakah
yang dimaksud akuntansi keuangan ?
Jawaban :
Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi
yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti
pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Akuntansi keuangan
berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau
organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut.
Laporan ini yang disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik
perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau dipakai manajer sebagai
pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham.
8. Apa
yang dimaksud dengan penempatan produk ?
Jawaban :
Penempatan
produk(product placement) adalah memasukkan produk-produk dalam acara tv dan
film yang produk-produk tersebut akan dilihat.
Penempatan produk yaitu sebagai bagian dari konten yang dibuat
secara khusus untuk sponsor dan tempat merek, pesan, atau produk sponsor
tersebut diintegrasikan langsung ke dalam konten.
Contohnya :
ketika pemasar membayar mitra untuk secara
khusus menyebutkan produk atau merek mereka yang pada umumnya akan menjadi
bagian editorial dari konten tersebut.
No comments:
Post a Comment