Followers

Saturday 2 January 2016

TUGASPEMASARAN



TUGAS QUIZ V MATA KULIAH
MANAJEMEN PEMASARAN II
DosenPengampu :
H. M.A WihermanaRustaman, S.E, M.Si


DI SUSUN OLEH :

NAMA            :  ANANG KUSMAWAN
NIM                : 1210002
PROD I            : MANAJEMEN IVB



SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI LATIFAH MUBAROKIYAH
PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA
2014/2015


1.      Bagaimana perusahaan dapat mengintegrasikan pemasaran langsung untuk keunggulan kompetitif ?
Jawaban :
Dalam mengimplementasikan konsep e-business, terlihat jelas bahwa meraih keunggulan kompetitif (competitive advantage) jauh lebih mudah dibandingkan mempertahankannya. Secara teoritis hal tersebut dapat dijelaskan karena adanya karakteristik sebagai berikut:
v  Pada level operasional, yang terjadi dalam e-business adalah restrukturisasi dan redistribusi dari bit-bit digital (digital management), sehingga mudah sekali bagi perusahaan untuk meniru model bisnis dari perusahaan lain yang telah sukses.
v  Berbeda dengan bisnis konvensional dimana biasanya sebuah kantor beroperasi 8 jam sehari, di dalam e-business (internet), perusahaan harus mampu melayani pelanggan selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari, karena jika tidak maka dengan mudah kompetitor akan mudah menyaingi perusahaan terkait.
v  Berjuta-juta individu (pelanggan) dapat berinteraksi dengan berjuta-juta perusahaan yang terkoneksi di internet, sehingga sangat mudah bagi mereka untuk pindah-pindah perusahaan dengan biaya yang sangat murah (rendahnya switching cost).
v  Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah produk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktor-faktor luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan dan Mekanisme perdagangan terbuka dan pasar bebas (serta teori perfect competition) secara tidak langsung telah terjadi di dunia internet, sehingga seluruh dampak atau dalil-dalil sehubungan dengan kondisi market semacam itu berlaku terjadi di dunia maya.
Melihat kenyataan di atas, perusahaan harus memiliki kriteria-kriteria (critical success factors) dan ukuran-ukuran (performance indicators) yang dapat dijadikan sebagai barometer sukses tidaknya perusahaan dalam memiliki dan mempertahankan keunggulun kompetitif tertentu. Beberapa teori keunggulan kompetitif di dunia maya menganjurkan agar paling tidak 7 (tujuh) aspek harus menjadi perhatian dari sebuah perusahaan, yaitu masing-masing:
1. Customer Service
2. Price
3. Quality
4. Fulfillment Time
5. Agility
6. Time to Market
7. Market Reach

Kondisi ketujuh aspek tersebut akan sangat menentukan posisi perusahaan di dalam kancah persaingan di dunia maya.

2.      Bagaimana perusahaan dapat melakukan pemasaran interaktif yang efektif ?
Jawaban :
Dalam mencapai strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah satunya perusahaan dapat melihat dari faktor bauran pemasaran. Hal tersebut penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen, maka dapat dipastikan bahwa pereusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk menyaring konsumen dan produk yang ditawarkan akan sia-sia. Pemasaran merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang. Dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan didalam pangsa pasar, oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan produknya. Apabila strategi pemasaran yang di  laksanakan perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadap tujuan perusahaan.
Saluran terbaru dari pemasaran langsung adalah saluran elektronik, atau dengan istilah perdagangan elektronik yang menggambarkan satu varietas luas dari perangkat lunak atau sistem komputer elektronik. Seperti penggunaan internet dan pelayanan online. Pembeli komsumen yang paling populer melaluui internet sudah sangat jauh hingga mencapai perangkat keras dan perangkat lunak komputer, tiket penerbangan, buku, musik. Transaksi bisnis melalui internet bervolumne jauh lebih tinggi dan meliputi berbagai macam barang dan jasa. Internet adalah jaringan komputer Web global yang memungkinkan komubnikasi global yang lebih cepat dan terdesentralisasi. para pengguna internet dapat menjelajahi internet dan menjelajahi teks, grafik, gambar, dan suara yang sepenuhnya terpadu. Pemakai dapat mengirim e-mail, bertujar pikiran, berbelanja barang-barang, serta mengakses berita, resep makanan, informasi seni, dan informasi bisnis


3.      Bagaimana pemasar dapat memanfaatkan kekuatan berita dari mulut ke mulut dengan cara yang paling baik?
Jawaban :
Salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh untuk meyakinkan customer adalah dari mulut ke mulut. Kekuatan gaya marketing ini terletak pada cara persuasif yang Anda gunakan untuk meyakinkan customer. Ketika Anda mampu memberikan yang terbaik pada customer, maka satu customer ini akan menjadi loyal dan menyebarkan berita bagus tentang produk dan jasa Anda kepada customer-customer lain disekitarnya. Selain hal tersebut, gaya pemasaran ini tidak membutuhkan budget yang besar. Karena sifatnya lisan, maka strategi marketing dari mulut ke mulut ini harus bisa mempengaruhi emosi dan pikiran customer. Selanjutnya, strategi marketing dari mulut ke mulut ini harus dibuat mengakar di level batin terdalam customer. Gaya marketing lisan dari mulut ke mulut akan menjadi sangat efektif bila Anda lakoni dengan kekuatan empati, intuisi, dan sikap baik.



4.      Apa keputusan yang di hadapi perusahaan dalam merancang dan mengelola tenaga penjualan?
Jawaban :
v  Mengevaluasi anggota saluran
Secara berkala, produsen harus mengevaluasi kinerja perantara berdasarkan standar seperti pencapaian kuota penjualan, tingkat persediaan rata-rata, waktu pengiriman kepada pelanggan, penanganan barang rusak dan hilag, dan kerja sama dalam program promosi dan pelatihan.
v  Mengubah susunan saluran
Miland Lele menciptakan kisi-kisi untuk memperlihatkan bagaimana saluran-saluran pemasaran telah berubah untuk computer pribadi dan pakaian perancang pada tahap yang berbeda dalam siklus hidup produk tersebut:
1)    Tahap perkenalan
2)    Tahap pertumbuhan cepat
3)    Tahap kematangan
4)    Tahap penurunan


5.      Bagaimana wiraniaga dapat meningkatkan keahlian penjualan, negosiasi , dan pemasaran hubungan mereka?
Jawaban :
Negosiasi merupakan salah satu aspek penting dalam penjualan personal. Dalam negosiasi kedua pihak yaitu penjual dan pembeli membuat kesepakatan tentang harga, kuantitas, dan syarat-syarat lainnya. Dalam negosiasi kedua pihak dapat saling tawar-menawar untuk membuat suatu kesepakatan. Oleh sebab itu salesperson perlu untuk memiliki keahlian dalam bernegosiasi. Dalam kondisi dan situasi tertentu negosiasi merupakan kegiatan yang tepat menutup penjualan, terutama ketika sudah ada zona kesepakatan/zone of agreement. Zona kesepakatan ini terjadi ketika hasil-hasil perundingan sudah dapat diterima oleh kedua pihak baik pembeli maupun penjual.
Dalam negosiasi, strategi adalah hal penting dalam penjualan secara sukses. Strategi negosiasi adalah suatu komitmen terhadap pendekatan yang menyeluruh yang berpeluang untuk mencapai tujuan perundingan. Beberapasalesperson ada yang menggunakan strategi keras/hard sementara yang lain menggunakan strategi lunak/soft.
Seorang negosiator juga menggunakan taktik yang biasa disebut sebagai taktik perundingan. Taktik ini seperti sebuah manuver yang dibuat sesuai dengan kondisi tertentu. Taktik harus selaras dengan strategi yang digunakan dalam bernegosiasi. Misal, jika ada pihak lain yang lebih kuat maka kita dapat menggunakan taktik BATNA (Best Alternative to a Negotiated Agreement). Taktik ini menjelaskan tentang bagaimana kita harus dapat mengidentifikasi alternatif lain jika tidak terjadi penyelesaian dengan menentukan standar-standar untuk mengukur setiap tawaran. Sehingga kita bisa terbebas dari tekanan-tekanan untuk menerima syarat-syarat yang tidak menguntungkan dari lawan yang lebih kuat.
Taktik lainnya adalah tanggapan yang dimaksudkan untuk menipum membuat melenceng, atau memengaruhi perundingan tersebut. Seorang negosiator harus pandai-pandai mengenali taktik yang digunakan lawannya dan berusaha untuk menyusun taktik balasan agar tidak terjadi kerugian dipihaknya.

6.      Apa tantangan yang dihadapi perusahaan dalam mengembangkan produk dan jasa baru?
Jawaban :
Peluncuran produk baru semakin pesat dalam beberapa tahun terakhir. Di banyak industri sepertiperdagangan eceran, barang konsumen, elektronik, otomotif dan lainya waktu yang diperlukanuntuk membawa produk ke pasar turun setengahnya.
v  Imperative inovasi
Dalam perekonomian yang berubah dengan cepat, inovasi berkelanjutan merupakansuatu keharusan. Perusahaan yang sangat inovatif mampu mengidentifikasi danmengukur peluang pasar baru dengan cepat.
Perusahaan inovatif menciptakan sikap positif terhadap inovasi dan pengambilanresiko, merutinkan proses inovasi, mempraktikan kerja team, dan memungkinkankaryawannya untuk bereksperimen dan gagal.
Perusahaan yang gagal mengembangkan produk baru sama saja denganmenempatkan diri mereka sendiri pada resiko, produk lama akan rentan terhadapperubahan kebutuhan dan selera pelanggan, teknology baru dan siklus hidup produkyan lebih pendek dan persaingan domestik dan asing yang semakin meningkat.
v  Keberhasilan produk baru
Sebagaian besar perusahaan ternama memfokuskan diri pada inovasi tambahan.Inovasi tambahan dapat memungkinkan perusahaan untuk memasuki pasar barudengan memperbaiki produk untuk pelanggan baru, menggunakan variasi produk intiuntuk tetapi memimpin pasar, dan menciptakan solusi jangka pendek untuk seluruhmasalah industri.
agar perusahaan dapat bersaing dengan baik, perusahaan yang ada harusmengamati preferensi pelanggan dan non pelanggan secara hati hati sepanjang waktudan mengungkap kebutuhan pelanggan yang selalu berubah dan sulit diartikulasikan.Produk yang unik dan superior adalah faktor utama yang menentukan keberhasilan

7.      Apa struktur organisasi dan proses yang harus digunakan manajer untuk mengelola pengembangan produk baru?
Jawaban :
Banyak perusahaan saat ini menggunakan rekayasa yang digerakan pelanggan untuk merancangproduk baru. Strategy ini menentukan betapa pentingnya memasukan preferensi pelanggan dalamdesain akhir.
a.      Sebuah perusahaan menentukan kriteria produk yang dapat di terima, sebagai berikut :
b.      Produk dapat diperkenalkan dalam lima tahun.
c.       Produk setidaknya mempunyai potensi pasar setidaknya $50 juta dan tingkat pertumbuhan15%.
d.      Produk dapat memberikan setidaknya tingkat pengembalian penjualan 30% dan ROI 40%.
e.       Produk dapat mencapai kepemimpinan teknis atau pasar.




v  Menentukan anggaran bagi pengembangan produk baru.
Manajemen senior harus memutuskan berapa banyak anggaran yang diperlukan untukpengembangan produk baru. Hasil dari R&D sangat tidak pasti sehingga sulitmenggunakan kriteria investasi normal.
Ada beberapa penetapan anggaran yang dilakukan sebuah perusahaan, anatara lain :
Membiayai proyek R&D sebanyak mungkin, berharap mencapai beberapa pemenang.
v  Angka persentase dari penjualan konvensionaliii
v  Menetapkan anggaran sebesar anggaran pesaingiv.
Dari beberapa produk baru yg dihasilkan, bekerja mundur untuk memperkirakaninvestasi yang diperlukan Mengelola pengembangan produk barui. Beberapa perusahaan mempnyai komite manajemen tingkat tinggi yangbertugas meninjau dan menyetujui proposal, perusahaan besar sering membentuk
department produk baru  yang dikepalai oleh manajer yang memiliki kewenangansubstansial dan akses ke manajemen puncak. Tangung jawab departement meliputi menghasilkan dan menyaring ide baru, bekerja sama dengan departmentR&D dan melaksanakan uji lapangan dan komersialisasi
v  Venture team
Tim usaha adalah team lintas fungsi yg bertugas mengembangkan produk atau bisnis khusus”intrapreneur” ini dilepaskna dari tugas lainya dan diberikan anggaran,kerangka waktu, dan “skunkworks” adalah tempat kerja informal dimana team tersebut dapat mengembangkan produk baru. Team lintas fungsi ini dapat mengoper produkbaru ke belakang dan ke depan sambil bergerak menuju tujuan.
v  Stage gate system
Membagi proses ke dalam beberapa tahapan yang pada setiap tahap terdapatgerbang atau titik periksa, di setiap tahapan pemimpin proyek harus bekerja samadengan team lintas fungsi harus membrikan sejumlah penghantar sebelum proyekberlanjut ke tahap berikutnya

8.      Apa tahap utama dalam mengembangkan produk dan jasa baru?
Jawaban :
a.      Penciptaan ide
Proses pengembangan produk baru dimulai dengan pencarian ide. Beberapa ahlipemasaran percaya bahwa peluang terbesar dan peningkatan tertinggi produk baru ditemukandengan mengungkapkan kemungkinan rangkaian terbaik dari keputusan pelanggan yangbelum terpenuhi atau inovasi teknology.Ide produk baru bisa berasal dari interaksi dengan berbagai kelompok danmenggunakan teknik yang menghasilkan kreativitas.Berinteraksi dengan orang lain ( inovasi terbuka) ide bisa di dapatkan dari berbagaisumber eksternal, antara lain :
pelanggan, karyawan,ilmuwan,insinyur, anggota saluran,agensi pemasaran, manajemen puncak dan pesaingi.
10 cara menemukan ide produk baruii.
7 cara menarik ide baru dari pelanggan Brain storming / sesi tukar pikiran. Penyaringan ide Ada dua jenis kesalahan yang harud dihindari pada saat penyaringan ide :i.(DROP error ) kesalahan menolak, terjadi ketika perusahaan menolak ide yangbaik.ii.(GO error) kesalahan menjalankan, terjadi karena perusahaan memperbolehkanperusahaan memperbolehkan ide yang buruk dikembangkan dan dikomersialisasikan.iii.
Kegagalan produk absulut menyebabkan kerugian keuangan, penjualan tidakmenutup biaya variableiv. Kegagalan produk parsial mengakibatkan kerugian keuangan, tetapi penjualanmenutup semua biaya variable dan sejumlah biaya tetapnya

9.      Apa cara terbaik untuk mengelola proses pengembangan produk baru?
Jawaban :
A.    Pengembangan dan pengujian konsep
Ø  Setiap konsep harus mempresentasikan
konsep katagori yang mendifinisikan persaingan produk tersebut,
Peta perseptual adalah cara visual untuk menampilkan persepsi danpreferensi konsumen, peta tersebut memberikan gambaran kuantitatif tentangsituasi pasar dan bagaimana konsumen melihat produk, layanan dan merkyang berbeda dalam berbaga dimensi, untuk melihat kebutuhan konsumen ygbelum terpenuhi.
Konsep produk menjadi konsep merkPengujian konsep menyajikan versi konsep yang terelabolasi kepada konsumen, perisetdapat mengukur dimensi produk dengan meminta konsumen merespon jenis pertanyaan berikut:
1.      Kemampuan berkomunikasi dan kepercayaan
2.      Tingkat kebutuhan
3.      Tingkat kesenjangan.
4.      Nilai anggapan
5.      Maksud pembelian.
6.      Target pengguna, kejadian pembelian, frekuensi pembelian.
B.     Pengembangan strategy pemasaran
Setelah uji konsep berhasil, manajer produksi baru aka mengembangkan rencanastrategis tiga bagian awal untuk memperkenalkan produk baru ke pasar
1.      Bagian pertama menggambarkan ukuran pasar sasaran, struktur dan perilaku;positioning produk yang direncanakan, lalu penjualan, pangsa pasar dan tujuanlaba yang di cari dalam beberapa tahun pertama.
2.      Bagian kedua menggarisbawahi harga, strategy distribusi, dan anggaranpemasaran yang direncanakan selama setahun pertama.
3.      Bagian ketiga rencana strategy pemasaran menggambarkan tunjuan penjualandan laba jangka panjang serta strategy bauran pemasaran sepanjang waktu.
C.    Analisis bisnisi.
Memperkirakan total penjualan
1.      Total penjualan yang diperkirakan adalah jumlah penjualan tahun pertamayang di perkirakan, penjualan pengganti dan penjualan berulang. Hal inisangat di pengaruhi apakah produk ini dibeli sekali, sering dibeli, jarang di beli.
2.      Memperkirakan biaya dan laba1.
Biaya diperkirakan oleh department R&D, manufakture, pemasaran dan keuangan. Perusahaan menggunakan analisis keuangan lainya untuk mengevaluasikelebihan proposal.

10.  Apa faktor yang memengaruhi tingkat difusi dan pemakaian konsumen terehadap prouk dan jasa yang baru diluncurkan?
Jawaban :
Proses adopsi konsumen adalah proses yang di dalamnya pelanggan belajar tentang produk baru,mencobanya, dan mengadopsi atau menolak produk tersebut. Saat ini banyak pemasar membidikpengguna berat dan pengadopsi awal produk baru karena kedua kelompok dapat dijangkau olehmedia tertentu dan cenderung menjadi pemimpin opini. Proses adopsi konsumen dipengaruhi olehbanyak factor di luar kendali pemasar, termasuk kesedihan konsumen dan organisasi untukmencoba produk baru,pengaruh pribadi, dan karasteristik produk atau inovasi baru.
§  Kesiapan untuk mencoba produk baru dan pengaruh pribadi
§  Inovator 
§  Pengadopsi awal
§  Mayoritas awal
§  Mayoritas akhir 
§  Orang yang lambat
§  Karakter istik inovasi
§  Keunggulan relatif ( tingkat dimana inovasi tampak lebih bagus dari produklama)
§  Kompatibilitas ( tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai dan pengalamanperorangan )
§  Kompleksitas ( tingkat sulitnya inovasi untuk dipahami atau digunakan)
§  Kemampuan dipisahkan ( tingkat dapat dicobanya inovasi secara terbatas )
§  Kemampuan komunikasi ( tingkat dimana manfaat pengguna dapat dilihatatau digambakan kepada orang lain )Kesiapan organisasi untuk menerapkan inovasi.

No comments:

Post a Comment