Followers

Saturday 2 January 2016

LAPORAN BLKL



1.      BANK RAKYAT INDONESIA ( BRI )
UNIT PUTERAN
Bank Rakyat Indonesia yang kami teliti beralamat di jalan Raya Pagerageung Tasikimalaya.
A.    Sejarah Bank BRI
Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Aria Wirjaatmadja dengan nama Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi yang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.
Pendiri Bank Rakyat Indonesia Raden Aria Wirjaatmadja Pada periode setelah kemerdekaan RI, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI adalah sebagai Bank Pemerintah pertama di Republik Indonesia. Adanya situasi perang mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI sempat terhenti untuk sementara waktu dan baru mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada waktu itu melalui PERPU No.41 tahun 1960 dibentuk Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang merupakan gabungan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij (NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 tahun 1965, BKTN diintergrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan.
Setelah berjalan selama satu bulan keluar Penpres No. 17 tahun 1965 tentang pembentukan Bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit II bidang Ekspor Impor (Exim).
Berdasarkan Undang-Undang No.14 tahun 1967 tentang Undang-undang Pokok Perbankan dan Undang-undang No.13 tahun 1968 tentang Undang-undang Bank Sentral, yang intinya mengembalikan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan Bank Ekspor Impor Indonesia. Selanjutnya berdasarkan Undang-undang No. 21 tahun 1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai Bank Umum.
Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-undang perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No.21 tahun 1992 status BRI berubah menjadi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) yang kepemilikannya masih 100% ditangan Pemerintah.
Seiring dengan perkembangan dunia perbankan yang semakin pesat maka sampai saat ini Bank Rakyat Indonesia mempunyai Unit Kerja yang berjumlah 4.447 buah, yang terdiri dari 1 Kantor Pusat BRI, 12 Kantor Wilayah, 12 Kantor Inspeksi /SPI, 170 Kantor Cabang(Dalam Negeri), 145 Kantor Cabang Pembantu, 1 Kantor Cabang Khusus, 1 New York Agency, 1 Caymand Island Agency, 1 Kantor Perwakilan Hongkong, 40 Kantor Kas Bayar, 6 Kantor Mobil Bank, 193 P.POINT,3.705 BRI UNIT dan 357 Pos Pelayanan Desa.
Sampai saat ini jumlah Cabang di Indonesia : 481 Kantor Cabang
Jumlah Cabang di Luar Negri : 1 Kantor Cabang
Jumlah karyawan di BRI unit puteran ini ada 8 orang dengan struktur organisasi sebagai berikut.
STRUKTUR ORGANISASI BRI UNIT
Pemimpin Cabang
Teller
Customer Service
Mantri Unit
AO
Kepala Unit
Manager /  Asisten Manager Bisnis Mikro
 














B.     Visi dan Misi BRI
1.      Visi BRI
Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
2.      Misi BRI
Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek good corporate governance.
Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

C.    Produk Dan Layanan Bri
1.      Simpanan
Deposito : DEPOBRI Rupiah, DEPOBRI Valas, Deposito On Call (DOC), SertiBRI
Giro : GiroBRI Rupiah, GiroBRI Valas
Tabungan : BritAma, SIMASKOT, SIMPEDES, Tabungan Haji
2.      Kredit
Mikro : Kupedes
Retail : Komersil, Konsumtif, Simulasi KRESUN, Simulasi KRETAP Menengah : Agribisnis, Bisnis Umum
3.       Syariah
4.      Jasa Keuangan dan Bisnis
·         Jasa Bisnis : Bank Garansi, Kliring, ATM, Safe Deposit Box
·         Jasa Keuangan : Bill Payment, CEPEBRI, INKASO, Penerimaan Setoran, Transaksi Online, Transfer & LLG
·         Jasa Lain : SPP online, Salary Crediting, Setoran Pajak, Dana Orang Tua Asuh, Western Union, Denda Tilang, Zakat Infaq.
D.    Produk Bank
Keterangan berbagai produk :
1.      BritAma
Fasilitas Tabungan BritAma:
Fasilitas Transfer Otomatis Antar Rekening.
·         Automatic Fund Transfer (AFT), yaitu fasilitas untuk mentransfer dana dari rekening BritAma ke rekening simpanan di BRI, baik di Kanca sendiri ataupun di Kanca lain, setiap tanggal tertentu dengan nominal transfer tertentu yang bersifat tetap (secara rutin).
·         Account Sweep, adalah fasilitas untuk mentransfer dana dari satu rekening ke rekening lainnya di Kanca sendiri ataupun di Kanca lain secara otomatis yang sebelumnya di set up saldo minimal atau saldo maksimalnya. Transfer otomatis terjadi apabila batas saldo minimal atau maksimal tersebut terlampaui. Fasilitas ini dapat digunakan untuk keperluan BritAma mem-back up giro secara otomatis.
·         Automatic Grab Fund (AGF), yaitu fasilitas transfer otomatis untuk menarik (mendebet) dana secara otomatis oleh satu rekening dari rekening lainnya, baik di Kanca sendiri maupun kanca lain. Inisiatif pendebetan berasal dari rekening yang akan mendebet, dengan nominal transaksi yang bersifat tetap. Fasilitas ini dapat digunakan untuk pembayaran angsuran pinjaman secara otomatis, dimana rekening pinjaman akan secara otomatis mendebet rekening BritAma untuk membayar angsurannya.
·         Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident)
Setiap nasabah BritAma dengan saldo minimal Rp 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah), berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri (Personal Accident) dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo dan  maksimal pertanggungan Rp. 100.000.000,-. Selain itu asuransi BritAma juga mengcover rawat inap dan cacat tetap.
·         Aksesibilitas BRI Card
·         Jaringan BRI Card
·         Undian Berhadiah Miliaran Rupiah

·         Menabung di BritAma dengan cara :Mengisi Aplikasi BritAma dengan melampirkan Copy identitas(KTP/SIM/KIMS/Pasport)
Setoran awal Rp. 250.000,-

2.      Simpedes BRI
Simpedes dilayani lebih dari 4000 kantor BRI unit yang tersebar di berbagai kecamatan dan kabupaten di seluruh Indonesia,sehingga selalu dekat dengan anda.
Tabungan yang praktis dan memberikan berbagai keuntungan:
·         Jaringan yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan terhubung secara On Line
Peluang besar untuk memenangkan hadiah
·         Total hadiah milyaran rupiah
·         BRI Card (Kartu BRI) yang berfungsi sebagai Kartu ATM dan Kartu Debit dengan fitur transaksi yang lengkap.
·         Praktis:
Pembukaan Rekening Tabungan Simpedes BRI yang mudah dan praktisFekuensi dan jumlah pengambilan tidak dibatasiFasilitas BRI Card yang lengkap:
·         Informasi Saldo dan penarikan tunai
·         Transfer antar rekening BRI, jaringan ATM Bersama,  jaringan ATM Prima
·         Pembayaran tagihan Telkom, Flexy, PLN, Katu Halo, Matrix, IM3, Universitas Terbuka, Speedy.
·         Pembelian Pulsa Isi Ulang
·         Pembayaran tagihan Kartu Kredit, KTA
·         Pembayaran Tiket Pesawat dan Kereta Api
·         Pembayaran TV Berlangganan
·         Registrasi SMS Banking, Phone Banking< Auto Payment
·         Penggantian PIN


3.      Tabungan Haji
Bila wukuf di Arafah merupakan niat suci anda, Insya Allah niat tersebut akan terwujud melalui Tabungan Haji dari Bank BRI yang kami persembahkan khusus bagi pemenuhan biaya perjalanan Haji.
·         Fasilitas :
-        Gratis Biaya Administrasi dan Provisi.
-        Gratis Perlindungan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan Diri.
-        On-line langsung dengan SISKOHAT DEPAG.
-        Penyetoran dapat dilakukan di Bank BRI online di seluruh Indonesia dan juga melalui menu transfer di e-channel BRI.
-        Souvenir perlengkapan ibadah Haji
·         Persyaratan :
-        Setoran awal :
-        Dalam Rupiah  : Rp. 50.000,-
-        Dalam Dollar    : USD 50
-        Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening Tabungan Haji BRI
-        Melampirkan fotokopi kartu identitas (KTP/SIM/Paspor dan KITAS/KITAP)

4.      Tabungan BritAma Junior
BritAma Junior merupakan Produk Tabungan BRI yang secara khusus dilengkapi fasilitas dan fitur yang menarik untuk segment pasar anak sampai dengan remaja.
·         Keunggulan :
-        Bebas biaya administrasi tabungan & biaya kartu bulanan.
-        Kartu ATM Private Label berdesign khusus karakter atas nama anak.
-        Diikutkan pada undian berhadiah
-        Real time on line
-        Fasilitas e-banking
-        Mendapatkan bunga
·         Fasilitas
-        Fasilitas transfer otomatis (standing instruction)
-        Automatic Fund Transfer (AFT)
o   Fasilitas untuk mentransfer dana dari GiroBRI ke rekening lainnya di BRI, pada tanggal tertentu yang ditetapkan oleh nasabah
-        Account sweep
o   Fasilitas untuk mentransfer dana dari GiroBRI ke rekening lainnya secara otomatis sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah.
-        Automatic Grab Fund (AGF)
o   Fasilitas untuk menarik (mendebet) dana GiroBRI secara otomatis oleh satu rekening tertentu, misalnya untuk angsuran pembayaran rekening pinjaman.
-        Fasilitas Asuransi Kecelakaan Diri atas Nama Anak
·         Persyaratan :
-        Minimum setoran awal Rp. 200.000,- (untuk setoran awal bagi nasabah yang berumur di atas 17 tahunRp. 500.000,-)
-        Paket Tabungan BRI BritAma + Tabungan BRI BritAma Junior = Rp. 1.000.000,-
-        Mengisi aplikasi pembukaan Tabungan BRI BritAma
-        Melampirkan fotokopi kartu identitas (KTP/SIM/Paspor dan KITAS/KITAP) dan NPWP (bila ada).

5.      Deposito BRI Rupiah
Produk Deposito BRI yang memberikan kenyamanan  dan keamanan dalam investasi dana Anda.
·         Keunggulan :
-        Keleluasaan dalam memilih jangka waktu Deposito BRI, mulai dari 1,2,3,6,12,18 dan 24 bulan
-        Bebas biaya administrasi
-        Pencairan sebagian nominal Deposito BRI tanpa merubah nomor rekening
-        Pencairan Deposito BRI di unit kerja lainnya.
-        Suku bunga kompetitif
-        Suku bunga negosiasi (apabila memenuhi kriteria tertentu)
·         Fasilitas :
-        Perpanjangan Deposito BRI dapat dilakukan secara otomatis (automatic roll-over)
-        Pencairan Deposito BRI pada saat jatuh tempo dapat dilakukan secara:
o   Tunai
b. Dipindahbukukan ke rekening lain di BRI
o   Ditransfer / kliring ke rekening Bank lain
·         Pada saat jatuh tempo, nasabah leluasa untuk menikmati bunga secara:
o   Tunai
o   Dipindahbukukan ke rekening lain di BRI
o   Dikliringkan ke rekening Bank lain
o   Menambah pokok Deposito BRI pada saat perpanjangan (add-on)
o   Kombinasi dari beberapa pilihan tersebut di atas
·         Persyaratan :
-        Setoran minimal Rp. 2.500.000,-
-        Mengisi formulir pembukaan Deposito BRI Rupiah
-        Perorangan
Melampirkan fotokopi kartu identitas (KTP/SIM/Paspor dan KITAS/KITAP)
-        Non Perorangan
o   Melampirkan fotokopi Akte Pendirian / Anggaran Dasar, Ijin usaha, NPWP dan dokumen identitas pengurus serta asli Surat Kuasa.




6.      Kupedes
Kupedes adalah suatu fasilitas kredit yang disediakan oleh BRI Unit(bukan oleh Kantor CabangBRI atau Bank lain), untuk mengembangkan atau meningkatkan usaha kecil yang layak.
·         Sasaran Kupedes :
Perorangan atau Perusahaan usahanya dinilai layak (eligible).
Golongan masyarakat berpenghasilan tetap misalkan Pegawai Negeri Sipil dengan pangkat lid kebawah dan bukat pejabat, Anggota ABRI pangkat pembantu letnan I kebawah dan bukan pejabat, pegawai perusahaan daerah, pensiunan dari pegawai berpenghasilan tetap, dll.
·         Jenis Kupedes :
-        Kupedes Modal Kerja
Kupedes modal kerja ini adalah pemberian kredit dari bank BRI kepada kreditur sebagai modal kerja untuk membiayai suatu usaha.
-        Kupedes Investasi
Kupedes investasi ini adalah pemberian kredit dari bank BRI kepada kreditur untuk membiayai investasi.
-        Sektor yang dibiayai Kupedes :
o   Sektor Pertanian
o   Perindustrian
o   Perdagangan
o   Jasa lainnya
o   Golongan berpenghasilan tetap
-        Syarat dan Ketentuan Kupedes :
Plafond Kupedes minimal Rp 25.000,- dan maksimum Rp. 25.000.000,-
Dapat diberikan kedua jenis Kupedes dalam waktu bersamaan sepanjang besarnya belum mencapai maksimum Rp. 25.000.000,-
-        Persyaratan umum kupedes :
o   Warga Negara Indonesia
o   Dengan persyaratan :
o   Fotokopi KTP atau identitas lain yang masih berlaku
o   Mempunyai usaha
o   Pengalaman berusaha minimal 1 tahun
o   Plafon sampai dengan Rp.100.000.000 per nasabah
o   Jangka waktu kredit sampai dengan maksimum 60 bulan.
-        Jangka Waktu dan Pola Angsuran :
Jangka waktu angsuran minimal 3 bulan dan maksimal 24 bulan.Untuk Kupedes modal Kerja dan Investasi 36 bulan. Pola angsuran :
Angsuran secara bulanan.
Angsuran secara bulanan dengan grace period Angsuran 3,4, 6 bulan.
-        Keistimewaan Kupedes :
Diberikan IPTW(Insentif pembayaran tepat waktu) bagi nasabah yang tertib mengangsur pinjamannya secara tepat waktu selama periode tertentu yaitu sebesar 1/4 bagian dari suku bunga.
Agunan yang harus disediakan oleh calon nasabah nilainya harus cukup mengcover jumlah Kupedes yang diterimanya beserta kewajiban-kewajibannya (pinjaman pokok + bunga).

7.      Phone Banking BRI
Phone Banking BRI adalah fasilitas layanan melalui telepon selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu yang menyediakan informasi dan transaksi produk Perbankan melalui mesin (Interactive Voice Response) atau melalui Agent.  Call BRI adalah brand name fasilitas Phone Banking BRI yang dapat dihubungi melalui nomor : 14017 atau 021-57 987 400.
·         Produk Banking
-        Informasi (Information Inquiry)
Informasi Saldo (melalui Agent & IVR)Informasi saldo yang dapat dilayani adalah saldo simpanan yang dapat  diakses oleh BRI Card ybs.Informasi Transaksi dan Layanan melalui Facsimile (melalui Agent & IVR) Informasi mutasi transaksi yang dapat dilayani adalah informasi 5 transaksi terakhir (maksimum dalam waktu 2 bulan terakhir). Tidak termasuk transaksi bunga, pajak danbiaya administrasi.
-        Informasi Produk Banking (melalui Agent & IVR), yang meliputi :
o   Tabungan BRI: BritAma, Tabungan Haji,  dan Simpedes.
o   Deposito BRI: Deposito Rupiah, Deposito Valas, Deposito on Call (DOC), dan Sertibri.
o   Giro BRI: Girobri Rupiah, Girobri Valas.
o   Kupedes, Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Pemilikan Rumah, dll
o   Jasa transaksi on line BRI
o   Layanan dan Fitur ATM BRI
o   Layanan dan Fitur Mobile Banking, meliputi: SMS Banking BRI dan mATM Bersama
o   ORI
Informasi Suku Bunga BRI (Agent), yang meliputi: seluruh produk simpanan dan pinjaman di BRI.
Informasi Nilai Tukar Mata Uang Asing (Agent), yang meliputi: seluruh mata uang asing yang dilayani di BRI.
Informasi Biaya (Agent), yang mencakup: biaya atas jasa yang diberikan BRI seperti biaya transfer, kliring, provisi dan sebagainya.
Dan informasi lainnya yang telah ter-up date berkaitan dengan Produk Banking BRI yang dapat dilakukan melalui Agent.
·         Transaksi, melalui IVR
Transaksi yang sudah dapat dilakukan pada saat ini :
-        Transfer Antar Rekening di BRI
-        Transaksi transfer antar rekening BRI yaitu dari dan ke rekening simpanan yang sudah terdaftar di Call BRI, dimana batas maksimal transfer sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
-        Nomor rekening tujuan nasabah harus didaftarkan (registrasi) terlebih dahulu ke sistem Phone Banking BRI sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Registrasi nomor rekening tujuan dimaksud dilakukan melalui ATM BRI menggunakan menu Transaksi Lainnya, sub menu Registrasi – Transaksi via Call BRI.
-        Pembayaran (Bill Payment).
Jenis pembayaran tagihan yang dapat dilakukan melalui Call BRI saat ini adalah :
-        Tagihan telepon
-        Tagihan listrik
-        Tagihan telepon seluler pasca bayar, meliputi: Matrix, kartuHalo, dan IM3 Bright
-        Tagihan Kartu Kredit, meliputi: BRI, Standard Chartered Bank (SCB), Citibank, ANZ Panin Bank, HSBC
-        Tagihan Kredit Tanpa Agunan/Personal Loan, meliputi: Citibank/Citifinancial, Standard Chartered Bank (SCB), ANZ Panin Bank
-        Tagihan Cicilan Kredit Kendaraan Bermotor, meliputi: Federal Insurance Finance (FIF), Bussan Auto Finance (BAF), dan Summit Oto Finance (SOF)
·         Pembelian: :
Jenis pembelian yang dapat dilakukan melalui Call BRI saat ini adalah pembelian pulsa telepon seluler yang meliputi:
o   Simpati
o   Mentari
o   XL
o   IM3
Dalam rangka meningkatkan keamanan dan kenyamanan bertransaksi melalui Call BRI, maka nomor handphone nasabah harus didaftarkan (registrasi) terlebih dahulu ke sistem Phone Banking BRI sesuai dengan ketentuan yang berlaku.Registrasi nomor handphone dimaksud dilakukan melalui ATM BRI menggunakan menu Transaksi
Lainnya, sub menu Registrasi – Transaksi via Call BRI.  


a)      ATM BRI.
Fitur ATM BRI dapat digunakan oleh Nasabah BRI yang memiliki BRI Card. Jumlah ATM BRI yang dapat diakses oleh pemegang BRI Card adalah sebanyak kurang lebih 1.300 ATM BRI, 5.697 ATM Link, 7.592 ATM Bersama, 6.872 ATM PRIMA, 2.075 ATM MEPS (BANKCARD), serta 800.000 ATM berlogo Cirrus di seluruh dunia.
·         FITUR ATM BRI
-        Fitur Penarikan Tunai
Penarikan Tunai adalah pengambilan sejumlah uang yang dikeluarkan oleh mesin ATM atas transaksi elektronik yang dilakukan Nasabah BRI menggunakan BRI Card melalui ATM BRI. Jumlah uang yang dapat ditarik :
o   BRI Card Classic      : Rp. 5 Juta
o   BRI Card Gold         : Rp. 10 Juta
o   BRI Card Platinum   : Rp. 25 Juta
Selain di ATM BRI, nasabah BRI dapat melakukan penarikan tunai di ATM Bank lain (ATM Sharing) yang tergabung pada jaringan  :
o   ATM LINK
o   ATM BERSAMA
o   ATM PRIMA
o   ATM Cirrus
o   BANKCARD (MEPS)
Selain nasabah BRI, Nasabah bank yang dapat memanfaatkan Fitur Penarikan Tunai di ATM BRI adalah Nasabah pemegang Kartu ATM/Kartu Debit/Kartu Kredit berikut ini :
o   Kartu ATM berlogo LINK
o   Kartu ATM berlogo ATM BERSAMA
o   Kartu ATM berlogo ATM PRIMA
o   Kartu ATM berlogo BANKCARD
o   Kartu Debit berlogo Maestro Cirrus
o   Kartu Debit berlogo MasterCard
o   Kartu Kredit BRI (MasterCard)
-        Fitur Informasi Saldo
o   Fitur Informasi saldo terdiri atas :
o   Informasi saldo rekening BRI
o   Informasi saldo bagi nasabah bank yang tergabung dalam jaringan ATM yang telah bekerjasama dengan BRI (ATM Sharing)
o   Informasi Tagihan Kartu Kredit BRI
o   Informasi Saldo rekening BRI adalah suatu informasi posisi saldo terakhir yang tercatat pada satu rekening BRI. Besaran Saldo yang diinformasikan kepada nasabah melalui screen ATM adalah sebesar saldo efektif (saldo yang dapat bertransaksi).
o   Selain di ATM BRI, Nasabah pemegang BRI Card dapat melakukan transaksi Informasi Saldo di seluruh ATM yang berlogo ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan ATM Cirrus.
o   Fitur Informasi Saldo di ATM BRI dapat juga dilakukan oleh nasabah bank anggota jaringan ATM yang telah bekerja sama dengan BRI,
yaitu bank-bank anggota jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM PRIMA, dan ATM Cirrus.
-        Fitur Transfer
Fitur Transfer Antar Rekening BRI (Intrabank Fund Transfer)Ketentuan besarnya Limit Transfer adalah sebagai berikut :
o   Kartu Classic/Kartu BRI : Rp.20.000.000
o   Kartu Gold  : Rp.50.000.000
o   Kartu Platinum  : Rp.75.000.000
Fitur Transfer Antara rekening BRI dan rekening Bank Lain (Interbank Fund Transfer)
Transaksi Transfer Antara rekening BRI dan rekening Bank Lain terdiri dari :
Transfer on-line antar bank di seluruh Indonesia (ATM Bersama dan ATM PRIMA)
Transfer on-line ke rekening BRI oleh nasabah ATM Bersama dan ATM PRIMA
Interbank Fund Transfer di Jaringan ATM Bersama
Fitur Interbank Fund Transfer dimanfaatkan oleh Nasabah untuk mengirimkan uang ke rekening bank anggota ATM Bersama.
Limit transfer per hari adalah sebesar Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) untuk seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold dan Platinum). Sekali transaksi maskimal Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah). Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transfer per hari sebagaimana point tersebut diatas, tidak terlampaui. Fitur Interbank Fund Transfer Jaringan ATM Bersama telah dikembangkan oleh  50 bank anggota Jaringan ATM Bersama.
Interbank Fund Transfer di Jaringan ATM PRIMALimit transfer per hari adalah sebesar Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) untuk seluruh jenis BRI Card/BritAma  (Classic, Gold dan Platinum).
Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transfer per hari sebagaimana point tersebut diatas, tidak terlampaui. ±Fitur Interbank Fund Transfer Jaringan ATM PRIMA telah dikembangkan oleh  30  bank anggota Jaringan ATM PRIMA.
-        Fitur Pembayaran (Bill Payment)
Fitur pembayaran (Bill Payment) di ATM BRI meliputi pembayaran tagihan Telepon, tagihan Listrik (PLN), tagihan Seluler, Angsuran Kendaraan Bermotor, tagihan Kartu Kredit, pembayaran pendidikan.
o   Pembayaran Tagihan Telepon
Fitur Pembayaran Tagihan Telepon (TELKOM) dan Flexi yang dapat dilayani di ATM BRI dibagi kedalam beberapa Divre, sebagai berikut:
DIVRE I :Kandatel Aceh, Medan, Riau Daratan, Riau Kepulauan, Sumbar, Sumbagsel, Sumut dan Lampung
DIVRE II : Kandatel Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat), Bogor, Tangerang (Tangerang, Cilegon, Serang), Bekasi (Bekasi, Purwokerto, Karawang)
DIVRE III : Kandatel Bandung, Cirebon, Cianjur, Garut, Rangkasbitung, Subang, Sukabumi dan Tasikmalaya
DIVRE IV : Kandatel Pekalongan, Purwokerto, Semarang, Solo, Yogyakarta
DIVRE V : Kandatel Jawa Timur (Surabaya Barat, Surabaya Timur, Malang, Madiun, Jember)
DIVRE VI : Kandatel Kaltim dan Kalsel
DIVRE VII : Kandatel Mataram, Kendari, Pare-pare, Makassar, Kupang dan Manado
o   Pembayaran Tagihan Listrik
Area pembayaran meliputi Daerah Distribusi Jakarta, Distribusi Jawa Barat, Distribusi Jawa Timur, Distribusi Jawa Tengah dan Sumbar.
o   Pembayaran Tagihan Seluler
Jumlah tagihan Seluler Pasca Bayar yang akan ditampilkan di  screen ATM adalah sesuai data tagihan biaya atas penggunaan jasa selular yang dikeluarkan oleh operator seluler. Tagihan Seluler Pasca Bayar yang dapat dilayani oleh ATM BRI adalah :
*      Flexi
*      Kartu Halo
*      Matrix
*      Star one
*      Explore
*      Fren
*      Esia
-        Pembayaran Angsuran Kendaraan Bermotor
o   FIF (Federal Internasional Finance)
o   BAF (Busan Auto Finance)
o   SOF (Summit Oto Finance)
Pada saat melakukan pembayaran di menu ATM, Nasabah diminta untuk memasukkan Nomor Kontrak yang merupakan identitas konsumen yang bersifat unik yang harus diinput pada saat melakukan transaksi pembayaran angsuran kredit sepeda motor .


-        Pembayaran Tagihan Kartu Kredit/Personal Loan
o   Kartu Kredit BRI
o   Kartu Kredit Standard Chartered Bank
o   Kredit Tanpa Agunan Standard Chartered Bank
o   Kartu Kredit ANZ Panin Bank
o   Kartu Kredit Citibank
o   Personal Loan dan Citi Financial Citibank
o   Ready Cash Citibank
o   Kartu Kredit HSBC
o   Personal Loan HSBC
o   Kartu Kredit ABN AMRO
o   Kredit Tanpa Agunan ABN AMRO
Untuk melakukan pembayaran, nasabah harus menginput nomor kartu/nomor rekening dan jumlah tagihan yang akan dibayar.
-        Pembayaran Tiket Maskapai Penerbangan
o   Garuda
o   Lion Air
o   Mandala
-        Pembayaran Pendidikan UNIVERSITAS TERBUKA
-        Fitur Pembelian (Purchasing) Seluler
o   Simpati (Telkomsel)
o   Mentari (Indosat)
o   IM3 (Indosat)
o   XL Bebas (XL)
o   Star One
o   As
o   Esia
o   Fren
-        Fitur Registrasi



b)     Registrasi Phone Banking
Fitur Registrasi Phone Banking digunakan untuk mengaktifkan fasilitas Phone Banking BRI, termasuk didalamnya adalah registrasi rekening tujuan transfer phone banking dan registrasi nomor hp yang dapat diisikan pulsanya.
Yang perlu diperhatikan ketika melakukan registrasi phone banking :
Registrasi phone banking dilakukan atas inisistif sendiri, bukan berdasarkan panduan atau perintah orang lain
Jangan memberitahukan PIN dan nomor BRI Card kepada orang lain
Pastikan bahwa nomor rekening tujuan transfer/nomor handphone yang didaftarkan adalah nomor rekening/nomor handphone yang telah dikenal dan atas kehendak sendiri.
Segera menghubungi call BRI 14017 jika merasa kurang nyaman dengan proses registrasi tersebut.
c)      Registrasi SMS Banking
Fitur ini digunakan untuk mengaktifkan fasilitas SM Banking BRI, sehingga nasabah dapat melakukan transaksi SMS Banking melalui handphonenya. Proses registrasi dilakukan dengan menginput nomor handphone nasabah dan PIN SMS Banking ke dalam sistem untuk di koneksikan dengan rekening nasabah ybs.
Yang perlu diperhatikan ketika melakukan registrasi SMS Banking :
Pastikan anda sendiri yang melakukan registrasi dan tidak dipandu  melalui telepon atau ponsel orang lain yang tidak dikenal
Pastikan bahwa nomor handphone yang anda registrasikan adalah nomor handphone anda sendiri, BUKAN NOMOR HANDPHONE ORANG LAIN.
Jagalah kerahasiaan PIN (PIN BRI Card dan PIN SMS Banking) dengan tidak memberitahukan kepada orang lain.
Untuk menonaktifkan registrasi Phone banking atau registrasi SMS Banking, nasabah ybs harus menghubungi Call BRI 14017/021-57987400.
d)     Fitur Ubah PIN
Fitur Ubah PIN merupakan fitur yang akan pertama kali ditampilkan secara otomatis oleh ATM apabila Nasabah menggunakan BRI Card untuk pertama kali. Nasabah dianjurkan untuk tidak menggunakan nomor kendaraan, tanggal lahir ataupun tanggal lainnya yang mudah ditebak oleh orang-orang yang tidak berkepentingan.
e)      SMS Banking BRI
Layanan SMS Banking BRI adalah layanan perbankan dari BRI dengan menggunakan Plain SMS dan dengan kode akses 3300 sebagai nomor tujuan Layanan SMS Banking BRI.
a)      Cara Mendapatkan Layanan SMS Banking BRI
Memiliki BRI Card
Telah melakukan Registrasi di ATM BRI.
Telah memiliki PIN SMS BRI sejumlah 6 digit yang diregistrasikan melalui ATM BRI.
Layanan SMS Banking BRI menggunakan nomor akses: 3300 untuk seluruh telco operator baik GSM maupun CDMA.  
b)     Registrasi SMS Banking
Untuk mendapatkan Layanan SMS Banking BRI, nasabah harus melakukan registrasi nomor kartu selular di ATM BRI.
Nasabah akan diminta memasukkan nomor kartu selular dan PIN SMS BRI yang terdiri atas 6 (enam) digit angka sebagai kode akses untuk melakukan transaksi SMS Banking BRI.
Untuk Layanan SMS Banking BRI ini, 1 (satu) nomor Kartu ATM/Debit BRI hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) nomor kartu selular.
c)      Transaksi SMS Banking
Setiap transaksi SMS Banking BRI nasabah hanya dikenakan biaya pulsa sms saja dan belum ada biaya transaksi tambahan.Adapun besarnya biaya pulsa tergantung ketentuan masing-masing operator.
d)     Info saldo
Ketik SALDO spasi [PIN SMS BRI], kirim ke 3300
Transfer antar rekening BRI
Ketik TRANSFER spasi BRI[NOREK TUJUAN] spasi [NOMINAL] spasi [PIN SMS BRI], kirim ke 3300
Pembayaran tagihan Kartu kredit BRI, Citibank (kartu kredit, personal loan, ready cash, dan Citifinancial), Kartu Kredit/KTA Standard Chartered, Kartu Kredit/KTA HSBC dan Kartu Kredit ANZ.Contoh : untuk pembayaran tagihan kartu kredit BRI
Ketik BAYAR spasi BRI spasi [NO KARTU] spasi [NOMINAL] spasi [PIN SMS BRI], kirim ke 3300
Pembelian pulsa isi ulang simPATI, Mentari, XL, dan IM3 Smart
Ketik PULSA spasi [NO HP] spasi [PULSA/1000] spasi [PIN SMS BRI], kirim ke 3300
Ganti PIN SMS BRI
Ketik PIN spasi [PIN SMS BRI Baru] spasi [PIN SMS BRI Lama], kirim ke 3300
Informasi Transaksi (Help)
Ketik HELP, kirim ke 3300
8.      SMS Banking ber-Menu
Selain menggunakan SMS biasa, SMS Banking BRI dapat digunakan dengan menu yang harus diinstall di handphone. Menu SMS Banking tersebut dapat di download langsung dari handphone melalui URL https://bri.co.id/BRIMobile.jar. Untuk mendowload menu tersebut, pastikan fitur GPRS telah diaktifkan sesuai dengan provider masing-masing.Handphone yang bisa diinstall menu SMS Banking minimal memiliki fasilitas java versi MIDP 2.
Apabila terdapat penambahan Fitur SMS Banking, nasabah dapat mendowload ulang aplikasi yang baru dan mereplace/uninstall aplikasi yang lama.
Kelebihan yang dimiliki SMS Banking Bermenu adalah :
·         Nasabah tidak perlu mengingat perintah transaksi SMS Banking
·         Transaksi lebih aman karena message transaksinya tidak tersimpan di dalam Sent Items/Outbox
·         Lebih user friendly karena berbasis menu


9.      Blokir Layanan SMS Banking BRI
Layanan SMS Banking BRI akan diblokir apabila :
·         Nasabah pengguna salah menuliskan/mengetik PIN SMS Banking BRI 3 kali berturut-turut.
·         Permintaan nasabah pengguna
·         Permintaan blokir dilakukan melalui CallBRI.
·         Dianggap perlu berdasarkan pertimbangan BRI, dimana terdapat indikasi adanya fraud/penyalahgunaan fasilitas oleh pihak yang tidak berwenang/ kesalahan system yang segera dilakukan klarifikasi.
·         Pengaktifan kembali Layanan SMS Banking BRI hanya dapat dilakukan melalui registrasi ulang di ATM BRI setelah nasabah ybs. Menghubungi Call BRI untuk mendelete registrasi sebelumnya.
10.  Tips Aman Transaksi Melalui SMS Banking
·         Saat Transaksi:
Segera hapus pesan SMS yang dikirim setelah bertramsaksi melalui SMS Banking BRI, agar tidak terbaca oleh orang yang tidak berhak.
·         Saat Terjadi Indikasi Penipuan:
Segera laporkan kejadian yang terindikasi penipuan ke Layanan CallBRI 14017 / 021-57987400 untuk meminta menon-aktifkan Layanan SMS Banking yang bersangkutan.
·         Saat Ponsel Hilang:
Segera laporkan kehilangan ponsel yang telah diregistrasi untuk SMS Banking BRI ke operator ponsel Anda atau Layanan CallBRI untuk menon-aktifkan Layanan SMS Banking BRI.
·         Jangan mudah terpengaruh oleh SMS atau telepon dari seseorang dengan iming-iming hadiah atau dropping dana tertentu, dan segera meminta konfirmasi ke CallBRI apabila menghadapi kejadian tersebut.
11.  mATM Bersama
mATM Bersama adalah Layanan Mobile Banking/Mobile Commerce 67 bank member yang±bekerjasama dengan ATM Bersama,yang telah mempunyaitergabung didalamnya.
Menu mATM Bersama akan menjadi default menu untuk semua kartu Telkomsel (saat ini terdapat pada kartu Simpati).
Keunggulan layanan mATM Bersama :
·         Menggunakan menu Base (STK menu)
·         Menggunakan Enkripsi pada setiap transaksinya
·         Menggunakan nomor kartu ATM sebagai identitasnya
·         Nomor kartu ATM akan tersimpan dengan menggunakan Password
Cara mendapatkan Layanan mATM Bersama :
·         Memiliki Kartu Debit/ATM BRI
·         Telah melakukan registrasi di ATM BRI
·         Memiliki simcard Telkomsel yang terdapat menu mATM Bersama di dalam T-Sel Menunya.
Fitur Transaksi mATM Bersama :
·         Info Saldo
·         Transfer Antar Bank /Pembayaran Kartu kredit BRI













2.    BANK SYARIAH MANDIRI ( BSM )
Bank  Syariah Mandiri yang kami teliti beralamat di Jl. Raya Panumbangan, Samping Ruko Tanjung Anom, Tanjungmulya, Ciamis 46263.
Dalam konsep Islam, Bank dikenal dengan istilah mashrif, yang berarti tempat berlangsungnya saling menukar harta, baik dengan cara mengambil ataupun menyimpan, atau selainnya untuk melakukan muamalah.
Bank syariah : lembaga keuangan yang  usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa – jasa keuangan lainnya yang sesuai dengan syariat Islam
Bank syariah menerapkan prinsip bagi hasil (profit and loss sharing)
A.    PRODUK PENDANAAN
1.      BSM Implan
BSM Implan adalah pembiayaan konsumer dalam valuta rupiah yang diberikan oleh bank kepada karyawan tetap Perusahaan yang pengajuannya dilakukan secara massal (kelompok).
BSM Implan dapat mengakomodir kebutuhan pembiayaan bagi para karyawan perusahaan, misalnya dalam hal perusahaan tersebut tidak memiliki koperasi karyawan, koperasi karyawan belum berpengalaman dalam kegiatan simpan pinjam, atau perusahaan dengan jumlah karyawan terbatas.
·         Peruntukkan:
pembelian barang konsumer (halal)
Untuk pembelian/memperoleh manfaat atas jasa (contoh: untuk biaya dana pendidikan).
·         Benefit/manfaat:
Bagi perusahaan:
Salah satu bentuk penghargaan kepada karyawan
Outsourcing sumber dana dan administrasi pinjaman.
Bagi Karyawan:
Kesempatan dan kemudahan memperoleh fasilitas pembiayaan
·         Akad Pembiayaan:
Untuk pembelian barang digunakan akad Wakalah wal Murabahah
Untuk memperoleh manfaat atas jasa digunakan akad Wakalah wal Ijarah.
·         Fitur:
Pemberian fasilitas pembiayaan konsumer dengan pola channeling kepada sejumlah karyawan (kolektif) dengan rekomendasi Perusahaan. Limit pembiayaan minimum sebesar Rp5 juta dan maksimum sebesar Rp250 juta per calon nasabah
o   Limit pembiayaan konsumer tanpa agunan per nasabah adalah maksimal Rp50 juta.
o   Khusus untuk Pegawai Negeri Sipil/BUMN/TNI POLRI, limit pembiayaan konsumer tanpa agunan per nasabah adalah maksimal Rp100 juta.
Jangka waktu pembiayaan bervariasi sbb:
o   Untuk pembelian keperluan konsumer dengan limit pembiayaan hingga Rp50 juta (tanpa agunan), jangka waktu pembiayaan maksimal 3 (tiga) tahun
o   khusus untuk Pegawai Negeri Sipil/BUMN/TNI POLRI dengan limit pembiayaan hingga Rp100 juta (tanpa agunan), jangka waktu pembiayaan maksimal 5 (lima) tahun
o   Untuk pembelian keperluan konsumer dengan agunan (selain untuk pembelian rumah/mobil) dengan limit di atas Rp50 juta s.d. Rp100 juta, jangka waktu pembiayaan maksimal 5 (lima) tahun.
o   Untuk pembelian kendaraan mobil pribadi dengan limit di atas Rp50 juta hingga Rp200 juta, jangka waktu pembiayaan maksimal 5 (lima) tahun dan usia kendaraan pada saat jatuh tempo pembiayaan maksimal 10 tahun.
o   Untuk pembelian tanah berikut bangunan rumah di atasnya dengan limit di atas Rp50 juta s.d. Rp250 juta mengacu pada ketentuan Pembiayaan Griya BSM.
·         Pengajuan Pembiayaan:
-        Pengajuan pembiayaan BSM Implan dilakukan melalui Perusahaan tempat calon nasabah bekerja secara kolektif
-        Jumlah minimum pengajuan pembiayaan dalam satu kelompok permohonan adalah 10 (sepuluh) orang calon nasabah atau sebesar Rp100 juta
-        Pengelompokan calon nasabah disesuaikan dengan jenis pembiayaannya, yaitu pembelian/pembiayaan keperluan konsumtif tanpa agunan, dengan agunan, Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR), dan Pembiayaan Pemilikan kendaraan mobil.
2.      Pembiayaan Dana Berputar
Pembiayaan Dana Berputar adalah fasilitas pembiayaan modal kerja dengan prinsip musyarakah yang penarikan dananya dapat dilakukan sewaktu-waktu berdasarkan kebutuhan riil nasabah.
·         Akad Pembiayaan:
-        Akad yang digunakan adalah akad musyarakah
-        Akad musyarakah adalah akad kerja sama usaha patungan dua pihak atau lebih pemiliki modal (syarik/shahibul maal) untuk membiayai suatu jenis usaha (masyru) yang halal dan produktif.
·         Manfaat:
-         Membantu menanggulangi kesulitan likuiditas nasabah terutama kebutuhan dana jangka pendek
-         Nasabah dapat memanfaatkan pembiayaan bank secara optimal sesuai dengan kebutuhan riil dengan cara melakukan penarikan sesuai dengan kebutuhan.
·         Fitur:
-        Jenis pembiayaan adalah pembiayaan modal kerja
-        Peruntukan pembiayaan adalah perorangan dan perusahaan
-        Jangka waktu pembiayaan 1 tahun dan dapat diperpanjang
-        Menggunakan 2 (dua) rekening, yaitu rekening giro dan rekening pembiayaan
-        Penarikan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan menggunakan cek/BG. Transfer dengan menyertakan cek/BG.
·         Persyaratan:
-        Merupakan nasabah komersial kecil, menengah, besar dan korporasi
-        Nasabah harus membuat laporan penggunaan dana selama 1 (satu) bulan
-        Fasilitas diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja sementara dan bukan untuk Permanent Working Capital, dimana bersifat self liquidating
-        seiring dengan menurunnya aktifitas bisnis pada masa bersangkutan
-        Setiap periode penggunaan fasilitas Pembiayaan Dana Berputar harus digunakan untuk pencapaian realisasi sales sehingga bagi hasil dapat
-        Memiliki aktifitas rekening koran yang aktif berkaitan dengan kegiatan bisnisnya.
·         Pembiayaan Umrah
Pembiayaan Umrah adalah pembiayaan jangka pendek yang digunakan untuk memfasilitasi kebutuhan biaya perjalanan umrah seperti namun tidak terbatas untuk tiket, akomodasi dan persiapan biaya umrah lainnya dengan akad ijarah.
·         Manfaat:
-        Membantu nasabah dalam menunaikan ibadah umrahnya
-        Mengangsur pembayaran dengan jumlah angsuran yang tidak akan berubah selama masa perjanjian.
·         Fitur:
-         Angsuran tetap hingga jatuh tempo pembiayaan
-         Proses permohonan yang mudah dan cepat
-         Maksimal sebesar Rp 25 juta, plafond pembiayaan tidak melebihi 80% dari kebutuhan yang akan dibiayai
-         Jangka waktu pembiayaan maksimal 2 tahun.
·         Persyaratan:
-        Nasabah menyampaikan permohonan Pembiayaan Umrah
-        Apabila nasabah telah beristri/bersuami, maka pada saat penandatanganan akad Pembiayaan Umrah, harus menyertakan surat persetujuan dari suami/istri
-        Minimal uang muka nasabah 20% dari biaya umrah.
·         Dokumen nasabah yang diperlukan:
-         Fotokopi KTP Pemohon
-         Fotokopi KTP Suami/Istri
-         Fotokopi Kartu Keluarga dan Surat Nikah (bila sudah menikah)/Surat Cerai
-         Asli slip gaji/surat keterangan penghasilan terakhir
-         Fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai tetap
-         Asli Surat Keputusan Pengangkatan calon PNS dan Pengangkatan PNS (khusus Nasabah pegawai negeri sipil)
-         Fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir
-         Bukti/keterangan asli keikutsertaan perjalanan umrah dari penyedia layanan umrah (Biro Perjalanan Umrah) berikut perincian biayanya
-         Surat Persetujuan dan Kuasa (form B dan C).
·         Pembiayaan Kendaraan Bermotor
BSM Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan pembiayaan untuk pembelian kendaraan bermotor dengan sistem murabahah.Pembiayaan yang dapat dikategorikan sebagai PKB adalah:
-        Jenis kendaraan: Mobil dan motor
-        Kondisi kendaraan: Baru dan bekas..
Untuk kendaraan baru, jangka waktu pembiayaan hingga 5 tahun sedangkan kendaraan bekas hingga 10 tahun (dihitung termasuk usia kendaraan dan jangka waktu pembiayaan).
Syarat & Ketentuan:
-        Pemohon harus mempunyai pekerjaan dan/atau pendapatan yang tetap.
-        Usia pemohon pada saat pengajuan PKB minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat jatuh tempo fasilitas PKB.
-        Pengajuan PKB dapat dilakukan sendiri-sendiri atau koordinir secara kolektif oleh instansi dimana pemohon bekerja.
Dokumen yang Diperlukan:
-        Fotocopy kartu identitas: KTP/SIM
-        Fotocopy kartu keluarga
-        Surat keterangan yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dari instansi/perusahan tempat pemohon bekerja yang menyatakan pemohon adalah pegawai dari instansi/perusahaan yang dimaksud.
-        Slip gaji yang dishkan oleh instansi/perusahaan tempat pemohon bekerja.
-        Keterangan mengenai kendaraan bermotor yang akan dibeli meliputi jenis kendaraan, tahun pembuatan, fotocopy BPKB, nama pembeli sebelumnya dan harga kendaraan.
-        Fotocopy surat nikah (bagi pemohon yang telah beristri/bersuami)
-        Surat persetujuan dari istri/suami (bagi pemohon telah beristri/bersuami).
·         Pembiayaan Griya BSM Optima
Pembiayaan pemilikan rumah dengan tambahan benefit berupa adanya fasilitas pembiayaan tambahan yang dapat diambil nasabah pada waktu tertentu sepanjang coverage atas agunannya masih dapat meng-cover total pembiayaannya dan dengan memperhitungkan kecukupan debt to service ratio Nasabah.
Pembiayaan yang dapat dikategorikan sebagai Pembiayaan Griya BSM Optima  adalah pembiayaan untuk pembelian rumah tinggal (konsumer) yang telah bersertifikat, baik baru maupun bekas di lingkungan developer maupun non developer, dan memungkinkan bagi Nasabah untuk menambah fasilitas pembiayaannya guna pemenuhan kebutuhan konsumer lainnya sepanjang DSR dan coverage atas agunannya masih meng-cover total pembiayaannya.
Persyaratan:
Individu/perorangan dengan kriteria sebagai berikut:
-        Cakap hukum (telah berusia minimal 21 tahun atau telah menikah)
-        Pekerjaan:
Golongan Pekerjaan
Minimal Masa
Kerja/
PengalamanUsaha
Maksimal Jangka Waktu
Pembiayaan
Pegawai/karyawan tetap
2 tahun
10 tahun
Wiraswasta
2 tahun
5 tahun
Professional
2 tahun
5 tahun
Usia  Nasabah minimal 21 tahun dan pada saat jatuh tempo fasilitas pembiayaan usia pegawai/karyawan tetap maksimal 55 tahun atau belum pensiun, khusus untuk wiraswasta dan professional pada saat jatuh tempo fasilitas pembiayaan usia maksimal 60 tahun.
Manfaat:
·         Nasabah dapat mengajukan fasilitas pembiayaan tambahan untuk digunakan tujuan pembiayaan halal lainnya, tanpa harus menyerahkan agunan tambahan. Dalam hal ini agunan Pembiayaan Griya BSM juga harus meng-cover pembiayaan tambahan lainnya
·         Pembiayaan sampai dengan 100% dari nilai obyek pembiayaan tambahan, selama total nilai plafon Pembiayaan Griya BSM dan pembiayaan tambahan ≤ nilai likuidasi agunan, setelah dilakukan taksasi atau retaksasi atas agunan untuk pembiayaan Griya BSM yang telah berjalan
·         Meningkatkan retensi dan loyalitas terhadap Nasabah Pembiayaan Griya BSM yang berkualitas baik. Untuk pengajuan pembiayaan tambahan atas penurunan outstanding Pembiayaan Griya BSM (existing), hanya diberikan bagi Nasabah dengan kategori lancar selama 1 (satu) tahun terakhir
·         Untuk take over fasilitas PPR dari bank lain. Dengan outstanding pokok Nasabah yang telah berkurang, calon Nasabah dapat memindahkan fasilitas PPR-nya plus pembiayaan untuk memenuhi kebutuhannya yang lain, seperti untuk pembelian motor, elektronik, home appliance, dan sebagainya.
Fitur:
·         Proses permohonan yang mudah dan cepat
·         Fleksibel untuk menambah pembiayaan lain selain rumah
·         Maksimum plafon pembiayaan fleksibel selama agunan masih mencukupi
·         Jangka waktu pembiayaan yang panjang
·         Fasilitas autodebet BSM atas gaji yang disalurkan melalui Tabungan BSM.

Persyaratan:
·   Berstatus karyawan dengan penghasilan tetap
·   WNI cakap hukum
·   Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat jatuh tempo pembiayaan
·   Pembiayaan dapat ditambah hingga 100% dari harga taksasi agunan yang diikat
·   Memiliki fasilitas payroll (pembayaran gaji) melalui BSM
·   Nasabah di-cover oleh asuransi jiwa pembiayaan plus PHK.
Dokumen yang diperlukan:
·   Fotokopi KTP pemohon
·   Fotokopi Kartu Keluarga
·   Fotokopi Surat Nikah (bila sudah menikah)
·   Asli slip Gaji &Surat Keterangan Kerja
·   Fotokopi Tabungan/Rekening Koran 3 bulan terakhir
·   Fotokopi NPWP untuk pembiayaan di atas Rp50 juta
·   Fotokopi rekening telepon dan listrik
·   Fotokopi SHM/SHGB
·   Fotokopi IMB dan Denah Bangunan
·   Asli surat persetujuan dan kuasa Nasabah untuk pemotongan gaji

Pembiayaan Kepada Koperasi Karyawan untuk Para Anggotanya
penyaluran pembiayaan kepada/melalui koperasi karyawan untuk pemenuhan kebutuhan para anggotanya (kolektif) yang mengajukan pembiayaan melalui koperasi karyawan.
Syarat:
·         Koperasi karyawan dari lembaga pemerintahan, BUMN/BUMD, perusahaan multinasional, perusahaan besar yang telah masuk bursa/go publik, atau perusahaan swasta yang bonafide
·         Kopkar bertindak sebagai avalist penuh atas penyaluran pembiayaan Bank kepada anggota Kopkar (Nasabah)
·         Perusahaan tempat Kopkar bernaung telah beroperasi/ berjalan minimal 5 (lima) tahun
·         Kopkar telah memiliki laporan keuangan yang tersusun dengan baik dan wajar, minimal untuk periode 2 tahun terakhir dan profit.
Manfaat:
·   Outsourcing sumber dana dan administrasi pinjaman
·   Koperasi dapat memperoleh bagi hasil dari angsuran yang dibayar nasabah
·   Dana koperasi yang selama ini digunakan untuk pinjaman kepada anggota, dapat dialihkan untuk pengembangan unit usaha produktif yang lain.

PRODUK JASA
A.    BSM Card
BSM Card merupakan sarana untuk melakukan transaksi penarikan, pembayaran, dan pemindahbukuan dana pada ATM BSM, ATM Mandiri, jaringan ATM Prima-BCA dan ATM Bersama, serta ATM Bankcard. BSM Card juga berfungsi sebagai kartu Debit yang dapat digunakan untuk transaksi belanja di seluruh merchant yang menggunakan EDC Prima-BCA.
&nbsp:
Ragam Layanan:
·   Kemudahan tarik tunai di seluruh jaringan ATM BSM, ATM Mandiri, ATM Prima-BCA, ATM Bersama dan ATM Bankcard
·   Kemudahan berbelanja di lebih dari 20.000 merchant yang menggunakan EDC Prima-BCA
·   Pemindahbukuan antar rekening BSM
·   Transfer uang antar bank secara real time melalui jaringan ATM Bersama dan Prima BCA
·   Pembayaran tagihan ponsel, Telkom, PLN dan IM2 di ATM BSM
·   Pembayaran zakat dan infaq di ATM BSM dan ATM Mandiri
·   Layanan informasi saldo dan penggantian PIN.
Peruntukan: Perorangan.


Syarat:
·   Memiliki rekening Tabungan atau Giro di BSM
·   Mengisi formulir kartu ATM.
Untuk proses yang lebih cepat nasabah dapat memperoleh Kartu ATM INSTANT.
Meskipun ATM ini merupakan produk kerjasama dengan bank konvensional, nasabah tidak perlu cemas akan terkena pengaruh bunga (riba), karena PT Bank Syariah Mandiri telah mengatur kerjasama dengan PT Bank Mandiri untuk menyediakan dana yang mencukupi dan tidak mengambil bunga atau jasa giro dari penempatan cadangan dana di PT Bank Mandiri.
PT Bank Syariah Mandiri memberikan fasilitas kemudahan dalam membantu nasabah mencari lokasi jaringan ATM yang terdekat. Sehingga nasabah dapat melihat lokasi jaringan ATM yang tersedia di seluruh Indonesia.
B.     BSM RTGS (Real Time Gross Settlement)
Jasa transfer uang valuta rupiah antar bank baik dalam satu kota maupun dalam kota yang berbeda secara real time. Hasil transfer ekfektif dalam hitungan menit.
Karakteristik:
·   Dapat dilakukan di seluruh cabang Bank Syariah Mandiri
·   Pengiriman hanya dalam bentuk mata uang rupiah
·   Batas waktu transfer sesuai waktu yang ditentukan Bank Syariah Mandiri.
Manfaat:
·   Memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi bisnis khususnya dalam hal transaksi keuangan sehingga kredibiltas nasabah dapat terjamin
·   Dana yang ditransfer nasabah dalam hitungan menit dapat diterima di bank tujuan dengan aman dan mudah
·   Tidak perlu membawa uang tunai untuk menyelesaikan transaksi bisnis.
Peruntukkan:
1.      Perorangan
2.      Badan Usaha/badan hukum.


Syarat:
A.    Mengisi slip transfer
B.     Dikenakan biaya RTGS sesuai ketentuan Bank Syariah Mandiri.
C.      
D.    BSM SMS Banking
BSM SMS Banking merupakan produk layanan perbankan berbasis teknologi seluler yang memberikan kemudahan melakukan berbagai transaksi perbankan.
Manfaat:
·         Transaksi kapan dan dimana saja
·         Pendaftaran gratis di seluruh cabang BSM
·         Biaya transaksi murah.
Jenis Layanan
·         Informasi
·         Inquiry saldo
·         Informasi seluruh tagihan
·         Informasi jumlah tagihan Telkom
·         Informasi jumlah tagihan IM3
·         Informasi jumlah tagihan Matrix
·         Informasi daftar rekening sendiri
·         Informasi daftar rekening tujuan
·         Bantuan perintah layanan.
Transaksi
·         Transfer antar rekening sendiri di BSM
·         Transfer ke rekening tujuan di BSM
·         Pembayaran tagihan Telkom
·         Pembayaran tagihan IM3
·         Pembayaran tagihan Matrix
·         Pembayaran zakat
·         Perubahan PIN
·         Isi ulang Simpati denominasi 50.000 dan 100.000
·         Isi ulang As denominasi 50.000 dan 100.000.
Peruntukkan: Perorangan
Syarat:
·         Memiliki rekening di BSM
·         Mengisi formulir SMS Banking
·         Saldo minimum rekening Rp100.000
·         Provider seluler:
    1. Indosat: Matrix, IM3, Mentari
    2. Telkomsel: Kartu HALO, Simpati dan As
    3. Excelcomindo: Xplor, Bebas, Jempol.
Biaya-biaya:
Provider
Baru (Rp)
M.O
M.T
Debet Rekening
Pra
Pasca
Kode Akses
Indosat
Transaksi
Informasi
350
350
300
300
500
500
Rp500
Telkomsel
Transaksi
Informasi
350
350
250
250
500
500
Rp500
Exelcomindo
Transaksi
Informasi
350
350
250
250
500
500
Rp500
Kode Transaksi
No.
Jenis Transaksi
Command
Contoh
1
Cek saldo
SAL PIN
SAL 01 1234
2
Informasi seluruh daftar tagihan
INF ALL PIN
INF ALL 1234
3
Informasi jumlah tagihan Telkom
INF TEL PIN
INF TEL01 1234
4
Informasi jumlah tagihan IM3
INF IM3 PIN
INF IM301 1235
5
Informasi jumlah tagihan Matrix
INF SAT PIN
INF SAT01 1236
6
Informasi daftar rekening sendiri
DRS ALL PIN
DRS ALL 1234
7
Informasi data rekening sendiri
DRS PIN
DRS 01 1234
8
Informasi daftar rekening tujuan
DRT ALL PIN
DRT ALL 1234
9
Informasi data rekening tujuan
DRT PIN
DRT 01 1234
10
Bantuan daftar perintah layanan SMS Banking
HLP PIN
HLP 1234
11
Transfer antar rekening sendiri di BSM
TRS PIN
TRS 01 02 10000 1234
12
Transfer ke rekening tujuan di BSM
TRS PIN
TRS 01 01 10000 1235
13
Pembayaran tagihan Telkom
BYR TEL PIN
BYR TEL01 01 25000 1234
14
Pembayaran tagihan IM3
BYR IM3 PIN
BYR IM301 01 25000 1234
15
Pembayaran tagihan Matrix
BYR SAT PIN
BYR SAT01 01 25000 1234
16
Pembayaran zakat
BYR ZKT PIN
BYR ZKT01 01 50000 1234
17
Perubahan PIN
PIN
PIN 1234 5678 5678

Keterangan:
Product: jenis tagihan (Telkom/IM3/Matrix)
x: Index/nomor urut rekening sendiri
y: Index/nomor urut rekening tujuan
tl: Nomor urut telpon yang didaftarkan
m3: Nomor urut IM3 yang didaftarkan
mx: Nomor urut Matrix yang didaftarkan
zt: Nomor urut lembaga zakat yang didaftarkan Rp: Nominal
Menu Navigasi BSM SMS Banking.
Kini layanan BSM SMS Banking telah dilengkapi dengan fasilitas menu navigasi. Nasabah tidak perlu menulis kode perintah SMS Banking. Fasilitas ini dapat diunduh (download) di sini dengan menggunakan kabel data, bluetooth atau infra red sesuai merk ponsel Anda atau dengan menggunakan fasilitas GPRS. Pastikan ponsel Anda telah tersedia fasilitas GPRS dan kartu seluler Anda telah diaktifkan fasilitas GPRSnya. Untuk langsung mengunduh dari ponsel Anda buka berikut ini:
C.    BSM Kliring
Penagihan warkat bank lain di mana lokasi bank tertariknya berada dalam satu wilayah kliring.
Karakteristik:
·         Hasil kliring dikreditkan ke rekening nasabah atau ditransfer ke rekening nasabah di bank lain



·         Valuta rupiah
·         Bank hanya penerima amanat dan mewakili (wakalah) nasabah, bila warkat tersebut ditolak bank tertarik, maka Bank Syariah Mandiri tidak bertanggung jawab.
Manfaat:
·         Aman, nasabah dapat menerima pembayaran berupa warkat dari client-nya tanpa harus menggunakan uang cash
·         Nasabah tidak perlu melakukan penagihan sendiri.
Peruntukkan:
·         Perorangan
·         Badan Usaha/badan hukum.
Syarat:
  • Memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri
  • Mengisi slip setoran
  • Dikenakan biaya kliring BSM sesuai ketentuan Bank Syariah Mandiri.
D.    BSM Inkaso
Penagihan warkat bank lain di mana bank tertariknya berbeda wilayah kliring atau berada di luar negeri, hasilnya penagihan akan dikredit ke rekening nasabah.
Karakteristik:
·   Nasabah harus memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri
·   Mata uang rupiah atau valuta asing lainnya (USD, SGD)
·   Hasil inkaso BSM dikreditkan ke rekening nasabah atau ditransfer ke rekening nasabah di bank lain
·   Bank hanya penerima amanat dan mewakili (wakalah) nasabah, bila terjadi kesalahan/keterlambatan hasil inkaso BSM, maka Bank Syariah Mandiri tidak bertanggung jawab.


Manfaat:
·   Nasabah dapat menerima pembayaran warkat dari seluruh wilayah Indonesia dan dari negara tertentu sesuai ketentuan Bank Syariah Mandiri
·   Nasabah tidak perlu melakukan penagihan sendiri.
Peruntukkan:
1.      Perorangan
2.      Badan Usaha/badan hukum.
Syarat:
1.      Memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri
2.      Mengisi slip inkaso BSM
3.      Biaya inkaso rupiah Rp10.000,- + biaya koresponden
4.      Biaya inkaso luar negeri lihat SE tarif Devisa.
E.     BSM Intercity Clearing
Jasa penagihan warkat (cek/bilyet giro valuta rupiah) bank di luar wilayah kliring dengan cepat sehingga nasabah dapat menerima danan hasil tagihan cek atau bilyet giro tersebut pada keesokan harinya.
Karakteristik:
·         Media penarikan berasal dari cek atau bilyet giro dari bank lain
·         Dapat dilakukan di seluruh cabang Bank Syariah Mandiri
·         Fasilitas ini hanya dapat dilaksanakan dengan bank yang telah memiliki jasa yang sama.
Manfaat:
·         Menghindari terganggunya cash flow
·         Waktu pencairan dana relatif singkat.
Peruntukkan:
  • Perorangan
  • Badan Usaha/badan hukum.
Syarat:
·         Memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri
·         Memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri
·         Mengisi slip setoran
·         Dikenakan biaya intercity clearing sesuai ketentuan Bank Syariah Mandiri.
Perbandingan Antar Bank
Perbandingan antar bank yang kami ambil adalah mengenai produk bank, dalam hal ini pada dasarnya semua produk bank  adalah sama. Namun  yang  membedakan adalah fiture setiap bank yang memiliki keunggulan produk tersendiri.  Keunggulan produk bank yaitu dengan kita dapat melakukan transaksi dengan cepat. Tidak semua bank disebut Bank Devisa, hal ini dikarenakan tidak semua bank mampu mencukupi prosedur kelengkapan perbankkan.
Setiap bank mempunyai pelayanan  dan cara  tersendiri untuk meningkatkan kualitas bank masing-masing sehingga mempunyai budaya bank  yang berbeda.
Produk dari masing-masing bank sangatlah berbeda,karena ini merupakan suatu terobosan bagi pihak bank untuk bisa menarik minat nasabah untuk menginvestasikan assetnya agar tidak terlalu membosankan,sehingga berbagai jenis produk pu n diadakan dengan fungsi yang beranekaragam.


No comments:

Post a Comment