Followers

Wednesday 3 February 2016

Loba Tugas

TUGAS QUIZ I MATA KULIAH PENGANTAR BISNIS DosenPengampu : H. M.A WihermanaRustaman, S.E, M.Si DI SUSUN OLEH : NAMA : Anang Kusmawan NIM : 1210002 PROD I : MANAJEMEN II/A SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI LATIFAH MUBAROKIYAH PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA 2012/2013 Soal dan Jawaban : 1. Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan pada saat mendirikan sebuah bisnis ! Jawab : Sebelum memulai suatu usaha,kita harus memahami terlebih dahulu tentang konsep produk atau jasa yang akan menjadi bisnis kita. Memahami yaitu bukan hanya secara teknis produksi,tetapi kita juga harus menilik pasar dan prospek dari lingkungan terkecil sampai pada lingkungan terbesar .Hal ini dibahas secara menyeluruh aspek-aspek penting dalam melakukan analisa atas kelayakan dan prospek produk, termasuk produk –produk baru, yaitu dengan melihat sisi human behavior, kebutuhan pasar dan lainnya.Setiap orang yang mau memulai bisnis harus mengetahui visi dan misi yang akan menjadi panduan seseorang untuk tetap focus kepada tujuan bisnis dan organisasinya. Akan tetapi seringkali suatu usaha pada saat mulai maju atau berkembang pada tahap berikutnya mengalami kegagalan, karena organisasi tersebut tidak focus pada peningkatan kemajuan bisnisnya. Sikap mental merupakan kunci keberhasilan atau usaha anda, selain dari pada pemahaman usaha anda. there is no over night success ada sesuatu hal yang harus dicamkan oleh seorang entrepreneur, karena hal ini membutuhkan waktu, sikap pantang menyerah, proses belajar berkesinambungan dan melihat permasalahan secara positif yang tidak membuat kita patah semangat, tapi harus melihat setiap peluang dan tetap belajar dari kegagalan. Dam Ramsey dalam bukunya “101 Best Home Businesses” menyarankan 10 langkah cerdas dibawah ini untuk memulai bisnis sendiri. Benar-benar cerdas, begitu Anda melakukannya. Maka sekian halangan dan rintangan akan mudah diatasi. Berikut ini 10 langkah cerdas yang harus dilakukan: Buatlah daftar mengenai 5 hal terbaik yang dapat Anda lakukan. Aplikasikanlah di bidang bisnis Anda. • Buat juga rincian bagaimana orang lain akan mendapat manfaat dari 5 hal terbaik tersebut. • Cari tahu bagaimana memberikan sesuatu kepada orang tentang apa yang mereka inginkan. • Mengetahui nilai dari layanan Anda. Apa kelebihannya, juga kekekurangannya. • Cari tahu dan pelajari siapa lagi yang menawarkan layanan serupa. • Belajar dari keberhasilan orang lain. • Belajar dari kegagalan orang lain. • Rencanakan secara detail tahapan-tahapan yang akan dicapai untuk keberhasilan bisnis Anda. • Menekan biaya dan resiko seandainya membuat kesalahan. • Nikmatilah apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya. 2. Apakah yang dimaksud dengan faktor produksi dan jelaskan berbagai macam faktor produksi! Jawab :  Faktor Produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa. Pada awalnya, factor produksi dibagi menjadi empat kelompok, yaitu tenaga kerja, modal, sumber daya alam, dan kewirausahaan. Namun pada perkembangannya, factor sumber daya alam diperluas scakupannya menjadi seluruh benda tangible, baik langsung dari alam maupun tidak, yang digunakan oleh perusahaan, yang kemudian disebut sebagai faktorfisik (physical resources).  Macam – macam Faktor Produksi : • Tenaga kerja (sumber daya manusia) ,kontribusi seseorang baik secara fisik dan mental kedalam suatu produksi perekonomian. • Modal, adalah dana yang dibutuhkan untuk menciptakan dan mengoperasikan suatu usaha bisnis. • Kewirausahaan, kemampuan seseorang untuk memanfaatkan peluang dan menerima resiko dalam menciptakan dan mengoperasikan bisnis. • Mendukung bisnisnya, meliputi sumberdaya alam dan bahan baku, kantor dan fasilitas produksi, peralatan, computer dan perlengkapan lainnya. • Sumber daya informasi, data dan informasi lain yang digunakan oleh bisnis. 3. Jelaskan secara singkat beberapa tipe ekonomi ! Jawab : A. Sistem ekonomi terpimpin: System ekonomi terpimpin adalah system ekonomi yang tergantung pada pemerintah pusat untuk mengontrol seluruh factor produksi dan membuat seluruh keputusan lokasi . B. Perekonomian Pasar Perekonomian pasar adalah perekonomian dimana individu-individu mengontrol keputusan produksi dana lokasi melalui penawaran dan permintaan. C. Perekonomian Pasar Campuran System perekonomian campuran adalah system ekonomi yang menunjukan dan karakteristik campuran baik perekonomian terpimpin maupun perekonomian pasar. 4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar input dan pasar output, disertai dengan contoh ! Jawab :  Pasar output adalah pasar tempat barang/ jasa diper-dagangkan. Pasar output atau yang biasa disebut pasar saja merupakan tempat bertemunya permintaan dan peanawaran sehingga bisa berinteraksi untuk membentuk harga keseimbangan. Contoh : Tenaga kerja, modal, kewirausahaan, sumber daya fisik, sumber daya informasi.  Pasar Input adalah pasar yang tempagt berinteraksinya permintaan dan penawaran input atau sumber daya produksi. Contoh :Interaksi antara pasar input dan factor melibatkan prinsip hokum permintaan dan penawaran. Penawaran mengacu pada sumber daya produktif, yang berasal dari permintaan barang dan jasa atau output .Misalnya, jika permintaan konsumen akan mobil baru naik ,produsen akan merespon dengan meningkatkan permintaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam pasar input produktif atau sumber daya yang digunakan untuk memproduksi mobil baru 5. Jelaskan secara lengkap perbedaan dari tipe-tipe hal apakah yang harus diperhatikan perusahaan yang berada pada tingkat kompetisi monopolistic, agar dapat memenangkan persaingan dengan pesaingnya ?persaingan dalam suatu pasar ? Jawab : Di dalam pasar persaingan sempurna, para produsen berhadapan satu sama lain tanpa bias berbuat banyak. Identitas produk di mata konsumen semua sama, sehingga produsen tidak mungkin menjual harga produknya di atas harga pasar. Guna menghindari konfrontasi yang frontal dan persaingan langsung, produsen berusaha “membedakan” atau deferensiasi produknya dari produk pesaing. Berbedanya produk yang satu dengan yang lain dimata konsumen, memungkinkan produsen menetapkan harga yang berbeda dari produen lain. Inilah esensi dari pasar monopolistic, yaitu pasar yang memiliki karakteristik berupa produsen yang jumlahnya banyak dan produk yang ditawarkan sejenis, tapi di matakonsumen produk-produk tersebut berbeda atau diferensiasi. NILAI 90

No comments:

Post a Comment